Mon11202017

Last update07:08:51 AM

Back You are here: Home Berita Utama DPD RI Dorong Peningkatan Fasilitas Bandara Raden Inten II

Berita Utama

DPD RI Dorong Peningkatan Fasilitas Bandara Raden Inten II

BANDAR LAMPUNG- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendorong Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Radin Inten II Lampung meningkatkan fasilitas pelayanan.

Andi Surya, DPD RI asal Lampung menyatakan, DPD siap membantu mewujudkan Bandara Raden Inten II meningkatkan pelayanan penumpang yang gunakan jasa transportasi udara bagi masyarakat Lampung dan luar yang berkunjung ke Lampung.


"Meningkatnya penumpang via moda transportasi udara, itu akan berdampak meningkatnya pendapatan daerah. Sehingga Lampung tak kalah dengan provinsi lain dalam hal pelayanan jasa transportasi udara," katanya saat rapat bersama dengan pengelola UPBU di Aula Pertemuan Bandara setempat, Selasa, (7/11).


Berbeda dengan Komite I DPD RI Syarif dan Komite III DPD RI Ahmad Jajuli. Mereka menginginkan Lampung dapat bersaing dengan bandara di provinsi lain dalam memberikan kualitas pelayanan yang baik.
"Kami siap menampung aspirasi pihak bandara untuk jadi bandara international. Hanya saja kami perlu dokumen pendukung agar dapat perjuangkan saat menyampaikan usulan program dalam rapat DPD/DPR di Jakarta," katanya.


Kepala Kantor UPBU, Asep Kosasih Samapta dalam rapat itu pembahasan itu menyampaikan upaya mewujudkan bandara dengan pelayanan berkualitas yang mengedepankan aspek keselamatan dan keamanan operasional penerbangan.


"Pelayanan yang sudah berlangsung saat ini tersedia antara lain fasilitas perbankan, pelayanan parkir kendaraan, ruang difable, wheel chair service, nursey room, tempat bermain anak-anak, 20 chek in counter pelayanan, musala, dan toilet," katnya.


Asep menjelaskan, dalam memberikan pelayanan terkait transportasi umum, saat ini pihak bandara juga sudah mengoperasikan bus translampung dengan rute Bandara-Bandar Lampung.


"Ada juga taksi yang bisa mengantar para penumpang langsung menuju tempat tujuan, sedangkan pengamanan di bandara saat ini kami sudah mengurangi operasional dengan memberlakukan satu pintu masuk pemeriksaan," ujarnya.


Asep juga memaparkan total per hari sebanyak 37 kali penerbangan reguler di Bandara Raden Inten II ini sampai pukul sembilan malam.
"Jumlah total penerbangan reguler masing-masing sebagai berikut: Garuda Indonesia 9 kali, Sriwijaya-Nam Air 10 kali, Lion Air 6 kali, Batik Air 2 kali, Wing Air 8 kali, dan Express Air 2 kali, dengan kursi tersedia per hari sejumlah 5.177," paparnya. (kah/win)