Mon11202017

Last update07:08:51 AM

Back You are here: Home Berita Utama Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 KAI Siapkan 39 Ribu Tiket

Berita Utama

Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 KAI Siapkan 39 Ribu Tiket

BANDARLAMPUNG- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang menyediakan 39 ribu tiket atau tempat duduk menyambut musim angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 (Nataru). Mulai beroperasi 21 Desember 2017-7 Januari 2018.


"Selama 17 hari masa angkutan Nataru, kita sediakan 2.300 per hari. Terdiri Kereta Api (KA) Sriwijaya dan KA Rajabasa rute Tanjungkarang - Palembang, dengan KA Seminung rute Tanjungkarang - Kota Bumi," ujar Manager Humas KAI Divre IV Tanjungkarang, Franoto Wibowo, kepada Haluan Lampung di ruang kerjanya, Selasa (7/11).


Franoto mengimbau agar masyarakat yang hendak berpergian dengan KA untuk dapat memesan tiket jauh hari sebelum berangkat. Ini untuk menghindari kehabisan tiket. Karena, kata ia, hingga kini tiket baru terjual 8 persen.


Untuk antisipasi lonjakan penumpang, pihaknya akan maksimalkan standformasi sesuai dengan ketersediaan armada yang ada dengan merangkai gerbong reguler. Jika memungkinkan, akan ada tambahan gerbong.


"Dibandingkan Nataru tahun sebelumnya, secara nasional Jawa dan Sumatera, manajemen KAI perkirakan ada peningkatan volume penumpang sekitar 5 persen," katanya. Di samping itu, kata Franoto, untuk meningkatkan pelayanan pengguna jasa, KAI tak akan memberlakukan cuti kerja bagi petugasnya selama 17 hari masa angkutan Nataru.


Proses membeli tiket KA, kata ia, kini kian mudah dengan melalui berbagai aplikasi seperti, internet booking, KAI Access, website KAI, dan chanel-chanel eksternal. Dia mencontohkan, aplikasi KAI Access terdapat berbagai kemudahan layanan, seperti sistem e-boarding.

Karena pengguna jasa yang telah beli tiket atau e-boarding lewat gadget-nya, tak perlu lagi cetak tiket saat akan berangkat. Konsumen cukup menunjukkan bukti boarding dari gedgetnya kepada petugas KA. (rik/win)