Fri10202017

Last update03:48:09 AM

Back You are here: Home Siger Bappenas Akan Kaji Lampung Jadi Ibu Kota RI

Siger

Bappenas Akan Kaji Lampung Jadi Ibu Kota RI

BANDARLAMPUNG-Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan pihaknya akan mengkaji usulan Lampung sebagai alternatif lokasi pemindahan ibu kota negara dengan mempertimbangkan beragam variabel.

Dikatakannya, pemerintah saat ini masih mengumpulkan seluruh data kelayakan dari beberapa daerah untuk menjadi pusat pemerintahan dan belum bisa menyimpulkan dimana, karena hal tersebut memerlukan kajian yang sangat mendalam.

Sedangkan untuk kriteria yang wajib dipenuhi oleh suatu daerah untuk menjadi ibu kota, Bambang menyebutkan beberapa syarat mutlak diantaranya, ketersediaan lahan yang cukup dan lahannya harus 100 persen dimiliki oleh pemerintah, sehingga pemerintah tak lagi memikirkan biaya lahan.

Namun ia memastikan, jika pemindahan ibu kota ini terjadi, maka lokasi yang dipilih adalah yakni di luar Pulau Jawa. "Kami belum bisa menetapkan dimana, tapi yang pasti di luar Pulau Jawa dan Lampung juga belum kita pastikan," ujar Bambang saat diwawancarai di Gedung Rektorat Universitas Lampung (Unila), Jum'at (6/10).

Sebelumnya, Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri menyatakan kesiapannya jika Lampung terpilih menjadi pengganti ibu kota, dan akan menyiapkan lahan pemerintahan.

Menurutnya, Lampung telah layak dalam penentuan lokasi pusat pemerintahan, hal tersebut dikarenakan Lampung memiliki letak yang startegis dalam pengembangan laju perekonomian dan sebagai pintu masuk Pulau Sumatera. Di samping itu, lanjut Bachtiar, minimnya kebakaran hutan dan lahan, ketersediaan air bersih, aksesibilitas, konsep keamanan pertahanan, sosio budaya, terlebih beberapa proyek strategis nasional kecenderungannya berada di Lampung seperti Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

"Kalau kita ditantang untuk menyiapkan lahan, ya kita harus siap. Wilayah Lampung ini sangat luas, letaknya juga sangat bagus untuk perkembangan ekonomi Indonesia. Kondisi ini akan menjadi modal yang besar bagi Provinsi Lampung untuk menjadi ibu kota," yakinnya. (rik/ron)