Fri10202017

Last update03:48:09 AM

Back You are here: Home Siger Wapres Dukung Percepatan Pembangunan Itera Lampung

Siger

Wapres Dukung Percepatan Pembangunan Itera Lampung

BANDAR LAMPUNG--Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla mendukung percepatan pembangunan Institut Teknologi Sumatera (Itera) dari 20 tahun menjadi 10 tahun. Dalam 10 tahun ke depan Itera ditargetkan menampung 35 ribu mahasiswa dengan 140 program studi.

"Pembangunan Itera harus tetap dipercepat. Bagaimana mempercepat pembangunannya dengan paket yang lebih baik, melalui APBN dan kerja sama dengan pihak lain," kata Yusuf Kalla saat orasi ilmiah bertema 'Pembangunan mahasiswa berkarakter sebagai bagian dari model mental di perguruan tinggi' pada sidang terbuka Dies Natalis ke-3 di Kampus Itera, Jalan Terusan Ryacudu, Way Huwi, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, Jum'at (06/10).

Menurut Wapres, sebagai kebanggaan masyarakat Lampung, Itera dapat membawa kemajuan dan perubahan bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, tidak semua daerah diberi kesempatan mendirikan kampus yang masuk program nasional. "Ini merupakan kehormatan bagi Lampung," kata Jusuf Kalla.

Ke depan, Itera terus dilengkapi sarana dan prasarana moderen, agar mahasiswa berpacu terus maju. “Jangan selalu melihat ke belakang, masa lalu adalah sebagai pembelajaran. Itulah yang membedakan antara museum dan universitas. Jika museum untuk melihat masa lalu, universitas adalah untuk melihat masa depan," jelasnya.

Saat memberi kata sambutan, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan, Lampung merupakan provinsi yang unggul dan berdaya saing dengan meningkatkan sumber daya manusia. Salah satu langkah kongkret yang dilakukan Pemprov Lampung yakni menyediakan lahan sekitar 270 hektare untuk pembangunan Itera.

“Ke depan diharapkan Itera mampu bersaing bersama kampus pembina yakni Institut Teknologi Bandung (ITB),” ucapnya. (*/ron)