UM Metro Siap Luncurkan SIMPEG

Haluanlampung.com, METRO–Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Teknologi dan Informatika (Pustik) bersama tim kepegawaian dan Wakil Rektor bidang Keuangan dan Sarana prasarana Universitas Muhammadiyah Metro, Dr. Bambang Suhada,M.Si menggelar rapat koordinasi terkait sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) untuk seluruh karyawan dan dosen UM Metro Selasa,(2/1) di ruang rapat gedung E kampus tersebut dipandu oleh Dra. Suhartini selaku Plt. Kabag Kepegawaian.

Dalam pengarahan yang disampaikan Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sarana Prsarana, Dr. Bambang Suhada, M.Si mengtakan dirinya selaku wakil Rektor bidang Keuangan dan Sarana Prasarana memiliki tanggung jawab terhadap pembuatan tiga Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam rangka mengubah sistem manual UM Metro agar berbasis online.

“Saat ini saya punya tiga tanggung jawab dalam mengubah sistem UM Metro agar berbasis online sehingga memudahkan UM Metro dalam segala hal termasuk didalamnya untuk Akreditasi kedepan. Tiga sistem tersebut adalah Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG), Sistem Informasi Manajemen Keuangan dan Sistem Informasi Manajemen Sarpras,” katanya.

Mantan Dekan Fakultas Ekonomi ini juga menjelaskan untuk mewujudkan keinginannya tersebut dirinya sengaja meminta bantuan UPT Pusat Informatika dan Komputer (PUSTIK) UM Metro.

“Untuk mewujudkan itu semua, saya meminta bantuan tim Pustik UM Metro. Perjuangan tim Pustik dalam hal ini sangat luar biasa untuk memajukan UM Metro kedepan,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia memaparkan, perkembangan zaman yang demikian pesat mestinya dibarengi dengan sikap yang responsif dari SDM Perguruan Tinggi sehingga UM Metro mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya di dunia digital.

“Berkembangnya suatu zaman ke era digital benar-benar menuntut kita untuk turut mengambil peran. Inilah kenapa sistem kita yang manual harus berpindah ke sistem yang berbasis online. Karena hal ini ada keterkaitan dengan kebutuhan Perguruan Tinggi dimana teknologi saat ini berkembang dinamis dan kita harus responsif terhadap hal tersebut. Jika tidak, kita akan digilas dengan zaman,” paparnya.

Kemudian, Bambang pun menegaskan akan ada banyak keuntungan dan kemudahan bagi Perguruan Tinggi jika sistem yang ada di UM Metro telah berbasis online.

“Manfaat adanya SIMPEG ini bisa untuk memudahkan proses akreditasi baik lembaga maupun Prodi. Semua data dosen dan karyawan bisa dilihat didatabase kita. Sehingga jika pihak asesor bertanya hal yang serupa, kita mudah menyajikannya,” pungkas Dosen Program Pascasarjana UM Metro.(rls/kah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *