Warga Diminta Waspada Ancaman Pohon Tumbang

Haluanlampung.com, BANDARLAMPUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bandarlampung mengimbau warga mewaspadai pohon tumbang akibat hujan deras yang disertai angin kencang belakangan ini.

“Warga diimbau untuk waspada saat hujan datang, karena bencana tidak ada yang bisa memprediksi,” kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBD Kota Bandarlampung, Rizki, Senin (12/3).

Dia mengatakan, hujan yang disertai angin kencang sangat berpotensi membuat pohon tumbang, sehingga masyarakat harus berhati-hati dalam berkendara.

Pohon yang tumbang bukan hanya karena rapuh, tetapi memang ada potensi untuk tumbang dan sulit diprediksi.

“Kejadian terkhir terjadi Jalan Yos Sudarso Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Bumiwaras, pohon menimpa mobil dan menutup 30 persen badan jalan,” kata dia.

Kejadian tersebut pada Sabtu (10/3) sekitar pukul 09.59 WIB, jenis pohon yang tumban kedondong utan dengan diameter 80 centimeter menimpa sebuah mobil dum truk dengan nomor polisi BE 9099 CU.

Ia melanjutkan, dengan kejadian seperti itu semua warga harus lebih waspada, sebab pohon tumbang terjadi usai hujan deras melanda wilayah ini selama satu jam lebih.

Sebagai bentuk antisipasi, jika sedang hujan deras melalui satgas bencana pihaknya melakukan patroli di seluruh wilayah Bandarlampung.

Dia mengatakan, masyarakat diminta untuk waspada dan BPBD sudah menyiapkan 50 personel yang siap 24 jam untuk mengantisipasi banjir serta tanah longsor

Sebelumnya, warga Kota Bandarlampung diminta untuk melapor ke pemerintah setempat jika ada pohon rapuh, untuk dilakukan penebangan guna mencegah terjadinya pohon tumbang.

“Saya minta warga segera melapor jika ada pohon yang sudah mulai rapuh, agar segera ditebang,” kata Kepala Bidang Pertamanan, Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (Distanakbunhut) Bandarlampung, Veni.

Dia mengatakan, setiap pohon memiliki kondisi yang berbeda, terkadang batang yang terlihat bagus belum tentunya tumbuhnya juga bagus.

Hal-hal seperti ini yang harus melibatkan masyarakat, sehingga jika memang melihat pohon yang sudah rapuh harus segera melapor.

“Harus segera melapor untuk mencegah pohon tumbang, terlebih ini musim hujan disertai angin lebat,” kata dia.

Ia melanjutkan, bahwa instansinya kerap melakukan pemeriksaan terhadap pohon yang batangnya sudah mulai rapuh.

“Kita langsung melakukan penebangan jika pohon tersebut memang sudah tidak bisa tumbuh,” kata dia. (Ant/JJ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *