Loekman Djoyosoemarto, Dukung Pelestarian Seni Ogoh-Ogoh

 Haluanlampung.com, LAMPUNG TENGAHРLestarikan seni budaya parade ogoh-ogoh, Plt. Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto, siap dukung secara finansial dalam pengembangan budaya khas Bali tersebut di Bumi Beguai Jejamo Wawai.
“Pemerintah melalui Dinas Pariwisata Lampung Tengah siap dukung anggaran untuk kegiatan ogoh-ogoh. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi sarana pelestarian dan pengembangan seni budaya di Lamteng,” jelas Loekman, saat membuka parade ogoh-ogoh yang digelar umat Hindu di Lapangan Merdeka, Kecamatan Seputih Banyak, belum lama ini.
Dalam pengembangannya sendiri menurut Loekman, yang diperlukan adalah promosi agar budaya dan seni ogoh-ogoh di Lampung Tengah dapat menjadi salah satu daya tarik wisata. Sehingga kegiatan ini menjadi agenda rutin wisata Lampung Tengah.
“Seniman ogoh-ogoh harus siap. Kami tawarkan kegiatannya kepada mereka. Saya juga mengapresiasi umat Hindu di Lampung Tengah yang telah menyelenggarakan parade ogoh-ogoh,” pungkasnya.
Sementara Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Lampung Tengah, Ketut Suwendra mengatakan, parade ogoh-ogoh tahun 2018 kali ini diikuti sebanyak 40 peserta yang dibagi menjadi dua golongan yakni anak-anak dan dewasa.

“15 peserta dari rombongan anak-anak dan 25 peserta dari rombongan dewasa,” ujar Ketut Suwendra yang juga ketua panitia dalam kegiatan tersebut.
Suwendra mengatakan, parade ogoh-ogoh merupakan agenda rutin yang digelar sebelum Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu.”Jika biasanya berlangsung di Lapangan Merdeka Seputih Raman, tahun ini kita digelar di Lapangan Merdeka Seputih Banyak,” tandasnya. (Rendra/JJ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *