Ratusan Dalmas Halau Massa di KPU Tanggamus

Haluanlampung.com, TANGGAMUS- Ratusan pengendali massa (Dalmas) dan satu kompi negosiator, satu unit mobil watter cannon serta satu kompi pengurai massa (Raimas) dikerahkan Polres Tanggamus untuk mengurai massa yang semakin beringas di depan kantor komisi pemilihan umum (KPU) Tanggamus.
Hal ini dipicu lantaran ketidakpuasaan atas hasil penghitungan suara dari KPU yang dianggap tidak transparan. Orasi massa yang berjumlah sekitar 30 orang tersebut awalnya berjalan dengan tertib. Akan tetapi suasana semakin mencekam lantaran koordinator massa ingin menemui ketua KPU Tanggamus, untuk menyampaikan perihal ketidakpuasan hasil penghitungan suara, hal ini dilakukan karena massa menilai banyak warga diintimidasi dan money politik oleh salah satu tim sukses dari pasangan bupati dan wakil bupati.
Kondisi ini tergambar dalam simulasi pengamanan penghitungan suara jelang pemilihan kepala daerah (Pemilukada) pada 27 Juni mendatang, yang dilaksanakan Polres Tanggamus, Rabu (28/3)
Kombes Pol Marolop Manik, tim Korps Baharkam Polri serta seluruh jajaran didampingi Kapolres Tanggamus, AKBP I Made Rasma Karang, S.Ik,. Kabag Ops Kompol Aditya Kurniawan, Hadir dan menyaksikan langsung simulasi pengamanan Pilkada tersebut.
Kombes Pol Marolop Manik menyampaikan, kedatangan dirinya serta seluruh jajaran adalah melihat dari dekat kesatuan-kesatuan dari Polda Lampung dan seluruh jajarannya, salah satunya Polres Tanggamus tentang kesiapan pengamanan Pemilukada tahun 2018.
“Kita melihat situasi secara keseluruhan yang telah disampaikan oleh Kapolres, bahwa kondisi saat ini kondusif, namun Kapolri mengharapkan kepada seluruh jajarannya tidak terlena, dengan situasi yang ada,”ujarnya Didampingi Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, S.Ik, Rabu (28/3).
Masih menurutnya, Polres Tanggamus telah laksanakan perintah Kapolri dalam strategi pengamanan serentak Pilkada 2018, dengan menggunakan pola pro aktif, dan preventif, sehingga mencegah jauh lebih baik daripada upaya penegakan hukum, dan hingga sejauh ini lanjutnya Polres Tanggamus telah cukup mendukung pelaksanaan Pemilukada nanti.
“Kita yang telah memiliki pengalaman, buka melihat dari apa yang disampaikan oleh Kapolres saja, tetapi bahasa tubuh dari jajarannya, dan dibawah pimpinan AKBP I Made Rasma, cukup mendukung pengamanan Pemilukada 2018 yang dilaksanakan di Tanggamus, dan kita berdoa semoga berjalan dengan aman,”tandasnya. (Anton/JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *