Didik: Satpol PP dan Satlinmas Harus Kawal Pilkada 2018

PRINGSEWU- Pjs. Gubernur Lampung, Didik Suprayitno, menegaskan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) harus siap meningkatkan siapsiaga dan terlibat dalam mendukung untuk kelancaran Pilkada 2018.
Begitu diungkapkan Didik, saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo dalam peringatan HUT Satpol PP ke- 68 dan Satlinmas ke- 56 Tahun 2018, di Lapangan Komplek Kantor Bupati Pringsewu, Selasa (10/4).
Didik mengatakan menjadi relevansi antara tugas pokok dan fungsi Satpol PP dalam penegakan Perda dan Pilkada serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta Satlinmas.

Juga pula mempunyai tugas pokok dan fungsi antara lain membantu menjaga ketentraman dan ketertiban umum penyelanggaraan Pemilu dan Pemilukada.

“Satpol PP dan Satlinmas bertugas menjaga ketertraman Pemilu dan Pemilukada baik sebelum, pada saat maupun setelah pelaksanaan pemungutan suara, membantu menanggulangi bencana, dan tugas sosial kemasyarakatan lainnya. Sebagai informasi bahwa pelaksanaan Pilkada serentak telah masuki tahap kampanye,” kata Didik.

Momentum tahapan Pilkada serentak, lanjut Didik sangat penting bagi jajaran Satpol PP dan Satlinmas di daerah.

“Biasanya potensi gangguan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dan perlindungan masyarakat akan meningkat tajam. Untuk menyikapi situasi dan kondisi akan terjadi, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, aparat Satpol PP dan Satlinmas daerah harus dapat siapkan diri sejak dini,” ujarnya. (rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *