Metro Peringkat II Laporan LPPD

METRO – Kota Metro meraih penghargaan atas penilaian Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dari Kementerian Dalam Negeri RI. Penghargaan tersebut diterima pada tanggal 25 April 2018 yang lalu pada acara Malam Apresiasi Penyelenggaraan Pemerintah di Hotel Sultan Jakarta, yang dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo dan Gubernur, bupati serta walikota yang dinilai berprestasi.
Dalam acara yang merupakan rangkaian Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22 Tahun 2018 tersebut, Kota Metro memperoleh penghargaan dengan status sangat tinggi, yaitu bintang dua dengan nilai 3,2889 dan menempati urutan ke-17 dari 93 Kota seluruh Indonesia.
Penghargaan tersebut diberikan kepada Pemerintah Kota Metro yang dinilai telah memenuhi kewajiban dengan tepat waktu dalam penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) kepada Pemerintah Pusat melalui Gubernur. Penilaian mencakup capaian kinerja penyelengaraan pemerintahan daerah dan pelaksanaan tugas pembantuan sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

LPPD digunakan sebagai bahan evaluasi dan pembinaan oleh Pemerintah Pusat terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang wajib disampaikan setiap tahun, paling lambat 3 bulan setelah Tahun Anggaran berakhir.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Metro, Deddy Hasmara, S.STP, MH. menyatakan bahwa ada sekitar 700 indikator yang digunakan dalam penilaian tersebut, yang juga harus didukung dengan data-data yang valid. Penilaian juga dilakukan melalui beberapa tahapan, dimana untuk evaluasi awal dilakukan oleh Tim Daerah yang terdiri dari Pemerintah Provinsi dan BPKP Perwakilan Lampung. Selanjutnya evaluasi dilakukan oleh Tim Nasional yang terdiri dari Kementerian Dalam Negeri dan BPKP Pusat.

Dalam kesempatan setelah Upacara Hari Otonomi Daerah pada hari Senin, 30 April 2018 di halaman kantor Pemkot, Walikota Metro, Hi. A. Pairin, S.Sos, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Metro sangat bersyukur atas diterimanya penghargaan tersebut. Walikota juga menyampaikan bahwa penghargaan tersebut pada hakekatnya bukan merupakan prestasi Walikota, Wakil Walikota atau Sekretaris Daerah saja, namun juga merupakan prestasi dari seluruh jajaran aparatur Pemerintah Kota Metro.

Untuk itu dirinya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada segenap jajaran Aparatur Sipil Negara serta berbagai pihak yang telah mendukung kelancaran pembangunan serta pemerintahan di Kota Metro selama ini. (Yudi/JJ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *