Dari 54 M, Anggaran Pendidikan Naik jadi 193 M

BANDARLAMPUNG-Pemerintah Provinsi Lampung menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah setempat. “Pemprov Lampung terus berkomitmen meningkatkan kualitas dunia pendidikan. Salah satunya dengan adanya penambahan anggaran bidang pendidikan,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Provinsi Lampung Sulpakar, pada acara Hari Pendidikan Nasional, Rabu (2/5).

Ia mengatakam bahwa pada 2017 lalu pemprov mengalokasikan dana untuk perbaikan sarana dan prasarana pendidikan Rp54 miliar. Pada 2018, lanjutnya, dana tersebut bertambah menjadi Rp193 miliar. Hal itu menunjukkan keseriusan Pemprov Lampung pada dunia pendidikan.

Ia mengatakan, upaya penguatan pendidikan bukan hanya dilakukan dengan membangun sarana dan prasarana pendidikan tapi juga perluasan akses pendidikan terutama di daerah terpencil

“Kami mendirikan beberapa unit sekolah baru terutama diperuntukkan daerah terpencil,” ujarnya.

Selain itu, Pemprov Lampung juga melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) guru juga kepala sekolah.

Sulpakar menjelaskan, peningkatan kompetensi guru diantara melalui diklat dan bimtek yang sudah diprogramkan, bahkan untuk calon kepala sekolah pun pembiayaannya sudah dilakukan oleh Pemprov Lampung.

Ia juga berharap adanya partisipasi aktif dari orang tua dan masyarakat dalam memperbaiki mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan, tidak bisa hanya diserahkan kepada pemerintah dan guru saja tetapi orang tua murid dan masyarakat? harus mempunyai andil yang besar terhadap kemajuan pendidikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy dalam sambutannya yang dibacakan Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis mengatakan Hari Pendidikan Nasional 2018 adalah momentum merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan, yang tercermin dari praktik pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Selain itu, dalam pengembangan pendidikan akan ditekankan pada 3T yaitu prioritas pendidikan di kawasan terdepan, terluar dan tertinggal di Indonesia.

Mendiknas dalam peringatan yang mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” tersebut mengajak merenungkan kembali apa yang telah dikerjakan di bidang pendidikan.

“Kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan,” ujarnya

Dalam kesempatan tersebut, Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis juga menyerahkan piala kepada perwakilan pemenang terbaik I Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (LSS-UKS/M) Provinsi Lampung kepada TK Ekadyasa Branti Natar, SDN 02 Makartitama Gedung Aji Baru, SMPN 4 Metro dan SMK Muhammadiyah Gisting Tanggamus. (Rls/JJ).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *