Perbaikan Jalinbar Dikebut

KOTAAGUNG-Perbaikan Jalan Lintas barat (Jalinbar) ruas perbatasan Pekon Gisting Bawah dan Gisting Atas terus dikebut pengerjaannya. Saat ini pengerjaan tengah dalam tahapan pembuatan badan jalan.
Marwan salah seorang pekerja, mengatakan tahap pembuatan badan jalan pertama dengan pemberian material tanah. Kemudian untuk badan jalan diberi material dasar badan jalan, lalu pemadatan sekaligus untuk badan jalan, pemadatan dilakukan secara bertahap, lapis demi lapis hal ini agar kontur jalan benar-benar kuat.

“Proses pembuatan badan jalan dengan dua alat berat yakni ekskavator dan vibro roller. Ini lanjutan setelah pemasangan bronjong, pembangunan talud dan sayap gorong-gorong box culvert selesai. Nanti badan jalan tingginya sama dengan talud dan sayap gorong-gorong, sama juga dengan jalan lama. Sebab ketinggian talud memang diukur rata sama dengan permukaan jalan lama,”Kata Marwan, Minggu (6/5).

Ia menambahkan, dengan perbaikan tersebut ruas jalan semakin lebar, untuk sisi yang ditimbun saja setara dengan satu lajur jalan. Padahal dulu lokasi ini adalah bahu jalan dan sebagian badan jalan, kendati lebih lebar tetapi tidak dibuat dua jalur

“Dipastikan kualitas badan jalan saat ini, sama dengan selama ini. Untuk pengaspalan baru akan dilakukan saat material badan jalan setinggi di bawah lapisan jalan. Hal ini agar lapisan aspal baru sama dengan permukaan jalan,”terangnya.

Selain pekerjaan pembuatan badan jalan, lanjutnya pekerjaan lainnya yang sedang dilakukan adalah pembuatan siring untuk keluarnya air dari gorong-gorong. Untuk teknisnya akan dibuat siring agar air yang keluar gorong-gorong tidak menerjang bronjong. Sebab jika itu terjadi lama-lama bronjong akan kembali bubar dan akhirnya akan kembali longsor,

pembuatan siring, dibuatkan dengan model cor. Saat ini sedang dibuat anyaman rangka dari besi untuk lantai siring. Kemudian untuk dinding siring pun akan dicor juga yang ketinggiannya lebih dari satu meter.

“Siring ini penting untuk alur air. Jadi air mengalir lewat siring dan langsung ke aliran sungai, tahap demi tahap perbaikan terus dilakukan untuk kenyamanan pengguna jalan,”tandasnya. (Anton)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *