Longsor Hancurkan Rumah Warga Garuntang

BANDARLAMPUNG – Sebuah rumah milik Marsanah (65) yang berlokasi di Jalan Udang 2 Gang Bakri RT04, Garuntang, Bandarlampung, hancur tertimpa longsoran tanah sebanyak dua kali pada Senin (7/5) pukul 22.00 WIB dan Selasa (8/5) pukul 05.00 WIB.

Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Marsanah saat ditemui, Selasa menjelaskan, peristiwa longsor pertama terjadi pada Senin (7/5) pukul 22.00, kemudian terjadi longsor susulan pukul 05.00 WIB.

“Saat kejadian saya lagi tiduran dekat bapak (suaminya) yang lagi sakit. Pas mau buang air, tau-tau ada tanah ambruk menimpa bagian dapur. Saya liat semua peralatan dapur rusak,” ujarnya saat ditemui di lokasi.

Marsanah menjelaskan, pada kejadian malam itu, suaminya Abah Salman (72) lagi tidur karena sakit, saat tembok rumah rubuh, ia langsung menarik suaminya untuk keluar rumah karena posisi dapur dekat dengan kamar.

“Saya langsung teriak-teriak abah-abah, kalo gak saya tarik mungkin abah (ayah) saya sudah tertimpa tembok, kan posisi dapur dekat dengan kamar,” katanya.

Entus (38), anak korban mengaku saat kejadian longsor susulan itu dirinya sedang tidur-tiduran di kamar yang dekat dapur itu. Saat itu dirinya mendengar seperti suara gemuruh dan langsung keluar.

“Sekitar jam 05.00 subuh itu saya tidur-tiduran, emang sengaja gak tidur karena jaga rumah, terus ada suara gemuruh, saya langsung keluar. Pas udah keluar baru tau kalo ada longsor lagi dan menimpa kamar yang dekat ruang tengah. Untung emak sama abah udah ngungsi di rumah tetangga yang di atas,” ujarnya.

Entus menuturkan kemungkinan akibat hujan deras yang turun pada Senin siang tanah yang ada di dekat rumahnya amblas.

“Ya mungkin karena hujan, soalnya kalo hujan besar, pasti airnya merembes ke dalam rumah,” ujarnya.

Entus berharap segera mendapatkan bantuan untuk memperbaiki rumah yang hancur dan tembok yang jebol. “Saya cuma berharap ada bantuan untuk benerin tembok yang jebol,” katanya.

Dari pantauan di lokasi kejadian, tembok sisi kiri rumah amblas dihantam longsoran tanah dan batuan.(ant)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *