Data Belum Cocok, Program BPNT Ditunda

TANNGGAMUS- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanggamus, mengaku program bantuan pangan non tunai (BPNT) belum dapat diterapkan di tiap kabupaten pada triwulan I 2018 mendatang. Pasalnya, pemerintah pusat dalam hal ini Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) masih fokus pencocokan data di daerah perkotaan.
“Kota di dahulukan, karena pencocokan data lebih mudah dibandingkan kabupaten yang wilayahnya ada yang terpencil nah ini butuh waktu, untuk itu tri wulan pertama 2018 fokus di kota dahulu,” kata Kepala Dinsos, Rustam Rustam, belum lama ini.
Ia menambahkan, pencocokan data program BPNT memang masih berdasarkan data dari penerima rastra di tahun-tahun sebelumnya, namun ada sedikit perbedaan dalam program tersebut harus disertai dengan nama orang tua penerima, hal ini untuk memastikan bahwa bantuan tepat sasaran, tidak hanya itu bank yang akan ditunjuk sebagai penyalur bantuan juga harus ada siap dalam artian ada ditiap kecamatan.
“Bantuan ini nanti melaui rekening, prosesnya sama dengan PKH, untuk itu bank yang ditunjuk juga belum dipastikan termasuk jumlah bantuannya juga kita belum mengetahuinya, nanti ada rapat lanjutan untuk membaha itu, rapat kemarin fokus di kota dahulu,” ujarnya.
Terpisah, Kabag Ekobang Suyanto, menyampaikan pihaknya akan siap berkoordinasi dengan Disos untuk melakukan pencocokan data penerima bantuan BPNT tersebut.
“Ya kita siap, berkoordinasi dengan Disos, untuk pencocokan data dilapangan, terlebih selama ini program rastra tersebut memang merupakan wewenang kami, sehingga pada saat program tersebut di limpahkan ke Disos kita akan berkoorndinasi, karena tujuannya sama untuk membantu masyarakat,” tandasnya. (Anton/JJ).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *