Bank Mandiri Siagakan Uang Tunai Rp 57,26 Triliun

JAKARTA, Haluanlampung.com – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan dana tunai dengan total Rp 57,26 triliun untuk 15 hari sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan uang menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Nominal dana yang disiapkan itu setara dengan Rp 1,9 triliun per hari. “Ini diberlakukan selama 15 hari dari tanggal 22 Mei sampai 20 Juni 2018. Alokasi dana tunai tersebut meningkat sekitar 90 persen dari jumlah yang disiapkan secara harian dalam kondisi normal,” kata Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi, Kamis (24/5/2018).

Hery menjelaskan, salah satu perhitungan alokasi dana tunai itu turut memperhitungkan kebutuhan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang diperkirakan cair pada akhir Mei dan awal Juni 2018. Keputusan pemerintah tentang masa cuti bersama juga jadi pertimbangan besaran dana tunai yang disiapkan Bank Mandiri.

Selain itu, khusus untuk mesin Anjungan Tunai Mandiri ( ATM), Bank Mandiri akan menyiagakan ketersediaan uang tunai yang ditingkatkan jadi Rp 1 triliun per hari dan Rp 900 miliar per hari untuk antisipasi kebutuhan dana selama masa cuti bersama.

Dari total nilai untuk mesin ATM, 40 persen di antaranya didistribusikan di kawasan Jabodetabek dan 60 persen untuk kota besar di luar Jabodetabek. “Kami pastikan untuk menyiapkan jaringan IT secara optimal guna mendukung kelancaran operasional channel pembayaran elektronik seperti jaringan ATM, SMS Banking, Mandiri Mobile, Mandiri Online, dan Mandiri Call 14000,” tutur Hery. kps

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *