Pencairan DD Tahap I, Tunggu Pengajuan Satu Pekon

TANGGAMUS, Haluanlampung.com -Dari total 229 pekon di Tanggamus, hanya satu pekon lagi yang belum ajukan pencairan dana desa (DD) tahap I 2018.
Menurut Kadis PMD Tanggamus Idham Khalid, pekon tersebut ada di Kecamatan Bandar Negeri Semong. Dan informasinya pekon tersebut akan ajukan persyaratan pada pekan depan, mengingat batas akhir penyerahan syarat pencairan Dana Desa tahap I adalah 21 Mei 2018 lalu.
Menurut Idham, pihaknya sudah peringatkan pekon yang belum serahkan persyaratan agar secepatnya serahkan sesuai peringatan dari Kementerian Keuangan. Pada pertengahan Mei lalu ada sekitar 30 pekon belum ajukan APBDes. Lalu keluar peringatan dari pusat dan akhirnya pekon banyak yang mengejar penyerahan persyaratan.
“Hingga saat ini tinggal satu pekon lagi dan akan diproses secepatnya, untuk selanjutnya memang ditargetkan pencairan Dana Desa tahap II, sebab sekarang sudah memasuki bulan Juni. Dan sebelum itu dilakukan, maka tahap I sudah harus cair dahulu bagi seluruh pekon,” kata Idham, belum lama ini.
Sedangkan untuk pencairan tahap II, menurutnya pekon harus menyerahkan laporan pertanggungjawaban (LKPj) Dana Desa tahun 2017. Untuk hal ini di Tanggamus tidak ada persoalan karena banyak pekon sudah serahkan LPj Dana Desa 2017 pada waktu awal tahun lalu. Maka diperkirakan pencairan Dana Desa tahap II nantinya tidak ada hambatan.
“Pekon-pekon yang sudah menerima Dana Desa tahap I selama ini umumnya dana diperuntukkan bagi penghasilan tetal (siltap), tunjangan aparat pekon, operasional kantor, insentif RT dan RW. Sedangkan untuk pembangunan kemungkinan menunggu pencairan tahap II dan III, yang nilainya lebih besar. (Anton/JJ).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *