Kapasitas Lapas Gunungsugih Over Crowded 

LAMPUNG TEGAH, Haluanlampung.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) adalah tempat melaksanakan pembinaan narapidana untuk dipersiapkan menjadi manusia mandiri setelah bebas kelak. Namun dalam pelaksanaan pembinaan tetap memperhatikan faktor keamanan dalam Lapas.
Tingginya angka kriminalitas di Lampung Tengah mengharuskan Lapas terisi dua kali lipat dari kamar hunian yang tersedia yaitu hari ini, Selasa 5 Juni 2018 mencapai 680 dari kapasitas tersedia 350, tak terhindarkan tidurpun berdesak desakan hingga menyesakan (over crowded). Demikian disampaikan Kepala Lapas Gunung Sugih saat memonitor pemindahan narapidana di Pos Keamanan Regu Lapas, Selasa (5/6).
Syarpani mengharapkan adanya penambahan blok hunian baik diusulkan ke pemerintah pusat atau bantuan pemerintahan daerah.
“Kami sudah over crowded, isi sudah dua kali lipat, semoga tingkat kriminal bisa menurun. Kami mengharapkan penambahan blok hunian, kiranya mengetuk hati Pimpinan DPRD dan Pemerintahan Daerah Lampung Tengah”, harap Bapak tiga anak ini.
Lebih lanjut Syarpani mengambil langkah melakukan pemindahan kepada narapidana hukuman tinggi diatas 5 tahun.
“Saya mutasi ke Lapas Klas IIA Metro bagi pidana tinggi, apalagi menjelang lebaran, tingkat kerawanan / gangguan kamtib meningkat, seminggu lalu kami mutasi dengan jumlah dan tujuan yang sama”, tutur Pria penggagas santri lapas ini. (Rendra/JJ)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *