Perusahaan Wajib Berikan THR H-7 

TANGGAMUS, Haluanlampung.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat intruksikan pengusaha membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pekerjanya selambatnya tujuh (7) hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.
Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja Afrida Susanti, mewakili Kepala Disnaker Tanggamus Drs. A. Dasmi, MM mengatakan, adapun pernyataan selambatnya THR diberikan kepada pekerja 7 hari sebelum hari raya tersebut, berdasarkan surat edaran dari Disnaker Provinsi Lampung Nomor 560/4107/32/2018 perihal THR.
“Surat edaran ini kami teruskan dan kami sosialisaikan kepada pelaku usaha di Tanggamus, jadi dasar dari pernyataan kami adalah surat edaran Disnaker Provinsi tersebut,” kata Afrida Susanti, Senin (4/6).
Ia menerangkan, didalam surat edaran menyatakan, bahwa THR keagamaan tahun 2018 tetap berpedoman pada peraturam Menteri Tenaga Kerja Nomor Per-06/MEN/2016 tentang THR Keagamaan bagi pekerja di Perusahaan.
Kemudian besaran THR keagamaan sebagaimana dimaksud yakni, bagi pekerja atau buruh yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, sebesar satu bulah upah. Sedangkan pekerja yang telah mempunyai masa kerja 3 bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan, diberikan secara proporsional dengan masa kerja dan perhitungannya yang sudah ditetapkan.
“Adapun 1 bulan upah disini yaitu gaji pokok ditambah tunjangan tetap, ini wajib diberikan sebagai THR kepada pekerja yang sudah bekerja 12 bulan ful atau lebih. Adapun yang kurang dari itu diberikan THR secara proporsional sesuai aturan, ” terangnya.
Ia menambahkan, pekerja yang menerima THR adalah seluruh pekerja walaupun agamanya non muslim, dan jika tidak memberikan THR ada sangsi terhadap pelaku usaha dan Perusahaan.
“Sejauh ini belum ada laporan terkait tidak diberikannya THR oleh perusahaan ataupun dunia usaha di Tanggamus, mudah mudahan tahun ini juga tidak ada masalah. Jikapun ada akan kami tindak lanjuti, asal laporannya jelas, dan kami membuka layanan laporan diKantor ini selama jam kerja, ” imbuhnya. (Anton/JJ)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *