oleh

Soal Pilgub Ulang Mendagri: Saya Tidak Tahu

-KOTA, POLITIK-17 views

Haluanlampung.com, BANDARLAMPUNG – Sidang kasus dugaan politik uang Pilgub Lampung akan diputus hari ini, Kamis (19/7). Mungkinkah keputusannya berujung pada pemilihan ulang atau pasangan Arinal-Nunik terus melenggang?

Menanggapi hal ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo santai mengatakan ia tidak tahu persis apakah akan ada Pilgub ulang atau tidak.

“Kita tunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi, bagaimana hasil sidang yang dilaporkan panwas ke pusat,” ujar Tjahjo usai acara Peluncuran Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa di Graha Mandala, Bandarampung, Rabu (18/7).

Menurut Mendagri, persoalan sengketa pilkada bisa diselesaikan lewat proses hukum. ” Jika ada yang merasa tidak puas silahkan ada proses hukumnya,” katanya.

Baca Juga :  Bawaslu Lampung Lakukan Supervisi Sikapi Pelanggaran Pidana Pemilu Balam

Sebelumnya Herman HN, calon gubernur nomor urut dua sekaligus menjadi runner up Pilgub Lampung mengungkapkan ketidakyakinannya sidang perkara dugaan money politik akan berbuah pemilihan ulang. Herman pesimis bukan karena bukan kurangnya saksi dan bukti, melainkan sikap pembiaran oleh Bawaslu sejak saat kampanye sampai minggu tenang.

Menurut Rahmah Husein, salah satu tim kampanye Herman HN, sikap pesimistis Herman HN didorong kekecewaannya yang sangat dalam, karena saat kampanye dan minggu tenang paslon no. 3 bagi-bagi uang, tapi dibiarkan oleh Bawaslu.

“Pembiaran politik uang itu sudah terjadi sejak awal. Bawaslu dan perangkat di bawahnya tidak sungguh-sungguh mengawasi. Panwas di daerah bekerja pasif, hanya menerima laporan tanpa melakukan pencegahan,” tegasnya.

Baca Juga :  Update Covid-19 Lampung: Sembuh 3 Positif 3

Husein juga mengungkapkan adanya campur tangan kapitalis yang punya uang yang sangat banyak di belakang pasangan nomor urut nomor 3.

“Kampanye Arinal-Nunik luar biasa hebatnya. Mereka bisa mendatangkan artis ibukota seperti Via Vallen. Duitnya dari mana kalau bukan dari SGC,” tegas Rakhmat Husein.(iwa)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed