oleh

Tahapan Pilkati Tubaba Masuk Tahap II

Haluanlampung.com, TULANGBAWANG BARAT- Tahapan Pemilihan Kepala Tiyuh (Pilkati) serentak yang akan diikuti oleh 19 Tiyuh se Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) sudah sampai pada tahap pengumuman calon. Namun, tampaknya panitia Pilkati akan melalui tahap II lantaran terdapat Tiyuh yang calonnya hanya satu .
Sofyan Nur, Kepala Bagian Hukum Setdakab Tubaba mengatakan, tahapan Pilkati serentak sesuai jadwal yaitu telah sampai pada pengumuman dan pendaftaran Calon Kepalou Tiyuh yang dimulai tanggal 11 sampai 19 juli.
“Setelah pendaftaran selesai maka masuk ke tahap Verifikasi berkas Calon tanggal 20 Juli sampai 8 Agustus,” terangnya melalui ponselnya, Jumat (20/7).
Ia menjelaskan, bagi Tiyuh yang pendaftarnya lebih dari 5 (lima) orang dilakukan seleksi tambahan tanggal 1 sampai 3 Agustus. Sedangkan, untuk Penyampaian hasil verifikasi ke Bupati dilakukan pada tanggal 25 juli sampai tanggal 8 Agustus.
“Penetapan Calon Kepalou Tiyuh dengan surat keputusan Bupati akan disampaikan tanggal 9 sampai 28 Agustus,”paparnya.
Sofyan menerangkan, bagi Tiyuh yang belum ada pendaftar atau hanya 1 (satu) orang pendaftar maka akan dilakukan pengumuman dan Pendaftaran ulang pada tanggal 20 Juli sampai 8 Agustus atau Tahap II.

Baca Juga :  ODP dan OTG di Tubaba Bertambah

“Selanjutnya Penelitian dan verifikasi berkas Calon bagi pendaftaran Tahap II tanggal 9 sampai 19 Agustus. Kemudian penyampaian hasil verifikasi berkas ke Bupati tanggal 20 sampai 26 Agustus dan Penetapan Calon Kepalo Tiyuh Tahap II dengan SK Bupati tanggal 27 Agustus sampai 30 September 2018,”tutur dia.
Berikut Daftar Bakal Calon Kepalou Tiyuh hasil pendaftaran Tahap I Pilkati serentak Kabupaten Tubaba. Kecamatan Tulangbawang Tengah yakni Tiyuh Pulung Kencana sebanyak 4 calon, Menggala Mas 3 Calon, dan Tiyuh Bandar Dewa sebanyak 3 calon. Kecamatan Tumijajar yaitu Tiyuh Daya Sakti terdapat 5 calon, Daya Asri hanya 1 calon, Makarti sebanyak 6 calon, Sumber Rejo 5 calon dan Gunung Menanti terdapat 5 pendaftar.
Kecamatan Waykenanga yaitu Tiyuh Indraloka I sebanyak 2 calon, dan Indraloka II terdapat 5 calon. Kemudian di Kecamatan Lambu Kibang Tiyuh Gunung Sari 3 calon dan Pagar Jaya juga 3 calon. Kecamatan Gunung Terang Tiyuh Setia Bumi sebanyak 5 calon. Kecamatan Gunung Agung hanya Tiyuh Jaya Murni sebanyak 3 calon.
Sofyan menjelaskan lagi, masih terdapat Tahap III yaitu Bagi Tiyuh yang hanya terdapat 2 (Dua) pendaftar dan 1 (satu) diantaranya dinyatakan gugur maka Pengumuman dan Pendaftaran Calon Kepalo Tiyuh dibuka kembali tanggal 9 sampai 18 Agustus.
“Setelah itu Penelitian dan Verifikasi berkas Calon bagi pendaftaran Tahap III tanggal 19 sampai 26 Agustus. Penyampaian hasil verifikasi berkas bagi pendaftaran Tahap III ke Bupati tanggal 27 Agustus sampai 2 september. Dan Penetapan Calon Kepalo Tiyuh Tahap III dengan SK Bupati tanggal 3 sampai 29 September 2018, kalau masih tetap ada satu calon maka Pemilihan Kepalo Tiyuh untuk dua tiyuh tersebut ditunda untuk Periode berikutnya Tahun 2019-2020 dan Bupati menunjuk Penjabat Kepalo Tiyuh,”cetusnya(Son/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed