Gajah Lampung Siap Sambut Kirab Obor Sea Games

105

Haluanlampung.com, LAMPUNG TIMUR – Gajah jinak Taman Nasional Way Kambas (TNWK) dari Lampung Timur siap ikut menyambut rombongan Kirab Obor Api Asian Games 2018 setiba di Provinsi Lampung pada 8 Agustus 2018 mendatang.

“Kami sudah dapat surat permohonan dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung agar mengirimkan satu ekor gajah jinak untuk menyambut Obor Api Asian Games itu,” kata Subakir, Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas, Kamis (27/7).

Namun, kata Subakir lagi, pihaknya belum memastikan persetujuan permohonan dalam surat tersebut, mengingat kewenangan izin pinjam gajah jinak TNWK berada di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sesuai diatur dalam Permenhut P.52 Tahun 2006 tentang Peragaan Satwa Liar yang Dilindungi.

“Kepada Kadispora saya sampaikan agar suratnya ditujukan ke pak Dirjen KLHK, mengingat saya tidak punya wewenang,” ujarnya pula.

Namun Subakir menyatakan bahwa pinjam satwa gajah dibolehkan sesuai permenhut itu. “Kalau diizinkan, kami siap mengirimkan gajah Way Kambas itu,” katanya lagi.

Ditanya kriteria gajah jinak yang dipilih untuk menyambut Kirap Obor Api Asian Games yang bersejarah ini, Subakir mengatakan mengikuti petunjuk dokter hewan TN Way Kambas.

“Nanti dokter yang menentukan gajah jinak mana yang akan dikirim. Di Way Kambas ada 66 ekor gajah jinak, tentunya nanti yang dipilih gajah yang sehat,” katanya lagi.

Rombongan Kirab Obor Api Asian Games 2018 melintasi sejumlah daerah, dan dijadwalkan tiba di Kota Bandarlampung, ibu kota Provinsi Lampung pada 8 Agustus mendatang.

Asian Games 2018 diadakan di Jakarta dan Palembang akan digelar pada 18 Agustus sampai dengan 2 September 2018, bakal diikuti 45 negara dan akan mempertandingkan 463 nomor pertandingan dari 40 cabang olahraga. (Ant/JJ).

Tulis Komentar