oleh

Lounching KIM Tanggamus Tunggu Pusat

TANGGAMUS- Pemkab Tanggamus menanti keputusan pemerintah pusat mengenai waktu untuk pelaksanaan launching Kawasan Industri Maritim (KIM) Tanggamus. Demikian disampaikan oleh Kepala Bappeda Tanggamus Hendra Wijaya Mega, mendampingi Pj Bupati Zainal Abidin, Rabu (15/8).

Menurut Hendra, saat pihaknya tengah menunggu tindak lanjut dari Kemenko Perekonomian tentang jadwal launching KIM Tanggamus. Hal itu merupakan salah satu hasil rapat koordinasi percepatan proses pelaksanaan pembangunan KIM pada Jumat (27/7) yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan.

“Kami saat ini sedang menunggu apakah KIM dapat dilaunching oleh Presiden di akhir tahun atau awal tahun depan,” katanya.

Pemkab Tanggamus juga turut mendorong PT Pertamina dalam hal ini PT Pertamina Trans Kontinental dan PT Refindo untuk segera menyelesaikan joint B to B (Business to Business). Serta bekerjasama dengan PT PAL untuk dikoordinasikan Kementerian BUMN dan Kementerian Perindustrian guna pembangunan galangan di kawasan KIM.

Baca Juga :  Beri Contoh Berdemokrasi yang Baik, Pasangan WaRu Turunkan Langsung APKnya

Berdasarkan informasi terakhir yang diterima, bahwa Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) sudah menerbitkan 7 dari 8 Hak Pengelolaan Lahan (HPL).

“1 HPL masih dalam proses kepada PT Pertamina, kami belum tahu persis sudah diterbitkan atau belum,” kata Hendra.

Sementara mengenai lahan yang dipergunakan untuk kepentingan pengembangan KIM ditahap ini, akan memanfaatkan lahan seluas 793 Hektar. Bersamaan dengan itu, pihaknya juga berharap agar izin usaha pembangunan KIM sudah dapat dikeluarkan dalam tempo secepatnya.

“Kami juga mengucapkan terimakasih atas perhatian dan dukungan dari pemerintah pusat maupun pemprov sehingga pengembangan KIM sudah menampakan titik terang,” pungkasnya (Anton/rino)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed