oleh

Warga Empat Kampung Perbaiki Ruas Jalan dan Jembatan

LAMPUNG TENGAH- Wakil Bupati Lampung Tengah (Wabup Lamteng), Loekman Djoyosoemarto, mengajak masyarakat untuk bergotong royong, memperbaiki badan jalan dan jembatan yang mulai rusak.

Ajakan orang nomor satu di Lamteng ini, digaungkan kepada masyarakat empat kampung, yang ada di wilayah Kecamatan Rumbia, Minggu (19/8). Bersama masyarakat, Wabup Loekman turun langsung ke lokasi ruas jalan dan jembatan, yang ada sekitar Rawa Gentong, Kampung Restubuana, Kecamatan Rumbia.

Ratusan warga dari empat kampung, yaitu dari Kampung Restubuana, Binakarya Utama, Binakarya Putra dan Kampung Binakarya Mandiri, semuanya tumpah ruah turun ke jalan bersama Wabup. Antusias warga sangat besar, seperti mendapat spirit baru, untuk kembali bersama menggiatkan kerja bhakti.

Baca Juga :  Bupati Launching Penyerahan Bantuan Beras PKH dan Serahkan E-Warung di Tanggamus

“Saya senang, melihat antusias masyakat yang sangat luar biasa, walaupun hanya menggunakan peralatan seadanya, seperti cangkul sabit, tapi mereka bers mangat. Jalan dan jembatan yang tadinya rusak akibat terkena banjir, sekarang sudah diperbaiki dan dapat dilewati, walaupun belum maksimal,” ujar Wabup.

Wabup Loekman menambahkan, kegiatan gotong royong ini nantinya akan terus dilanjutkan, sebagai bentuk partisipasi masyarakat terhadap pembangunan daerah. Masyarakat akan diajak Bum cord gorong-gorong, Pemkab Lamteng yang akan memberikan bantuan semen dan cetakannya, dan masyarakat yang akan mengerjakannya.

“Inilah bentuk kerjasama yang baik, antar masyarakat dan pemerintah daerah, yang mesti dilakukan, agar semuanya dapat berjalan seimbang. Dengan begini, pembangunan dapat merata dan dirasakan oleh masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya.

Baca Juga :  Jelang Pilkada: Persatuan Mantan Kades Resmi Dilembagakan

Seperti kita ketahui, imbuh Wabup, gotong royong merupakan ciri khas budaya bangsa, yang telah ada sejak dulu, dalam kegiatan kerja bhakti seperti ini, ada nilai-nilai kebersamaan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan, guna memperkuat integritas sosial masyarakat.

Sebelum melaksanakan gotong royong pagi hari, malam harinya Wabup Loekman bersama rombongan telah bermalam di lokasi, dengan dibantu satu unit alat berat jenis Ekskavator, Minggu (19/8/2018) pagi, masyarakat yang telah berkumpul langsung digiring menuju lokasi yang akan diperbaiki.

Menurut Wabup, tidaklah mudah untuk melestarikan dan mempertahankan semangat gotong royong, di masyarakat sekarang ini, yang justru cenderung semakin individualis dan saling berkompetisi, dengan saling menonjolkan persaingan ketimbang kebersamaan.

Baca Juga :  KPU Pesibar Resmi Tetapkan Tiga Pasangan Calon Bupati

Kepala Kampung Restubuana, I Ketut Sugede, atas nama masyarakat menyampaikan ucapkan terimakasihnya, atas kehadiran Wabup Lamteng pada kegiatan gotong royong. Sehingga menambah semangat warga Kecamatan Rumbia, untuk kembali menghidupkan kerja gotong royong. (Rendra)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed