oleh

Konsleting Listrik, Gudang Alat Pesta Terbakar

LAMPUNG TENGAH – Kobaran api yang muncul secara tiba-tiba dari gudang milik Ny. Kunarsiah (60), warga Rt. 03, Dusun 01, Kampung Indra Putra Subing, Kecamatan Terbanggibesar, Lampung Tengah, nyaris menghanguskan satu unit bangunan tempat usaha jamur tiram, yang ada di sebelahnya. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 23.30 Wib, Kamis (30/8).
Menurut Ny. Kunarsiah, kebaran tersebut pertama kali diketahui para tetangga belakang rumahnya, yang berdekatan dengan gudang tersebut. Ia sendiri baru mengetahui dari warga sekitar, yang berteriak membangunkannya.
Korban sendiri tidak mengetahuinya, karena saat itu telah terlelap tidur, dan baru terbangun karena mendengar suara gaduh di luar rumah. Dengan menggunakan peralatan seadanya, warga berusaha memadamkan kobaran api.
“Saya terbangun karena mendengar orang-orang berteriak, begitu bangun dan membuka pintu belakang, api sudah membesar dan membumbung tinggi,” ujarnya.
Dijelaskan menantu korban, Tejo Permana (47), diduga api berasal dari konsleting listrik, karena di dalam gudang tersebut hanya berisi peralatan pesta, seperti tarub, kursi plastik, meja kayu dan barang lainnya. Semua barang-barang tersebut, adalah jenis bahan yang mudah terbakar.
“Kayaknya api itu berasal dari korsleting listrik, yang ada di bangunan gudang. Karena gudang ini hanya untuk menyimpan peralatan pesta,” jelasnya.
Selain itu, yang memudahkan api cepat membesar, karena bangunan gudang tersebut masih berupa kayu yang berdinding geribik. Kebetulan gudang ini hanya berjarak sekitar 3 Meter dari bangunan tempat usaha jamur tiram, yang juga berdinding geribik.
Api sempat melahap bangunan tempat usaha jamur, beruntung dapat diselamatkan, berkat upaya seluruh warga sekitar, dengan menyiramkan air dari kolam ikan milik Slamet (49), yang tidak jauh dari rumah korban.
Berselang sekitar 20 menit kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar), dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamteng, tiba dilokasi dan langsung berupaya memadamkan api yang berangsur padam.
Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hingga berita ini diturunkan, kerugian materi belum dapat diperkirakan. Aparat Polsek Terbanggibesar, yang juga tiba dilokasi sedang melakukan penyelidikan. (Rendra/JJ)

Tulis Komentar

Baca Juga :  Bupati Tanggamus Cek Lokasi Lahan Ponpes Muhammadiyah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed