oleh

Double Track KA segera Dibangun

BANDARLAMPUNG – DPRD Provinsi Lampung mendukung PT Kereta Api (KA) Indonesia yang akan membangun jalur ganda (double track) untuk kereta api barang dan penumpang.

“Selaku Ketua DPRD Provinsi Lampung, saya mendukung pembangunan jalur ganda kereta api oleh PT KAI, karena bisa meningkatkan mobilitas angkutan penumpang. Jalur kereta api di wilayah Lampung sejauh ini paling banyak digunakan untuk angkutan barang, terutama batu bara,” kata Ketua DPRD Provinsi Lampung, Dedi Afrizal, Jumat (31/8).

Menurutnya, pembangunan jalur ganda kereta api akan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas darat, seperti kendaraan bermotor, karena masyarakat akan beralih ke kereta api sebagai moda transportasinya.

Ia menyebutkan kebijakan pemerintah menambah jalur bagi kereta api merupakan salah satu solusi untuk memperkecil kepadatan di jalan raya.

Baca Juga :  Gubernur Jadi Keynote Speaker Webinar Pengembangan Kopi Lampung

“Untuk itu, pembangunan jalur ganda hendaknya diprioritaskan pelaksanaannya, namun harus disosialisasikan terlebih dabulu agar masyarakat yang tempat tinggalnya di pinggiran rel, bisa bersiap-siap untuk pindah ke tempat yang lain. Bila mau jalur ganda maka harus ada sosialisasi terlebih dahulu agar masyarakat tidak terkejut bila ada penertiban,” katanya.

Ia kembali menyebutkan bahwa pembangunan jalur ganda kereta api termasuk salah satu solusi untuk mengurangi kendaraan dalam perjalanan jauh, seperti dari Bandarlampung ke Palembang.

“Jalur ganda bisa membuat kereta api penumpang sampai di tempat tujuan lebih cepat, dan menjadi transportasi utama bagi masyarakat yang ingin berpergian jarak jauh, khususnya ke daerah Sumatra Selatan, karena lebih aman dan biayanya lebih murah,” katanya.

Baca Juga :  'Sambut HUT TNI ke-75' Korem 043/Gatam Gelar Donor Darah

Dedi mengharapkan agar PT KAI terus meningkat pelayanan terhadap masyarakat agar mereka beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum, seperti kereta api.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional IV Tanjung Karang menyebutkan pembangunan rel dua ganda (double track) telah tuntas sepanjang 111 km hingga 2018, dan sisanya sepanjang 207 km akan diselesaikan mulai tahun 2019.

“Kita sudah selesaikan sepanjang 111 kilometer, dan sisanya akan dikejar tuntas pada tahun berikutnya,” kata Deputi Kepala PT KAI Divisi Regional (IV) Tanjung Karang, Asdo Artriviyant.

Menurutnya, sampai tahun 2018 PT KAI telah menyelesaikan pembangunan rel dua ganda dari Stasiun Cempaka-Stasiun Giham sepanjang 68 km, kemudian Stasiun Martapura-Stasiun Tiga Gajah sepanjang 34 kilometer, dan Stasiun Tanjung Rambang-Stasiun Prabumulih sejauh 9 km.

Baca Juga :  Pemprov Dalami Upaya Penurunan Angka Stunting di Provinsi Lampung

“Dengan demikian, total sepanjang 111 kilometer rel dua ganda yang sudah diselesaikan pembangunannya,” katanya.

Selain itu, katanya, pada 2018 sedang dikebut penyelesaian rel dua ganda sepanjang 8 km mulai dari Stasiun Kotabumi sampai Stasiun Cempaka.

“Yang pasti kita di beberapa titik sudah ‘double track’, semoga dengan rel dua ganda ini kereta api bisa lebih maksimal pelayanannya,¿ katanya

PT KAI Divisi Regional IV Tanjung Karang meyebutkan, dari target 318 km jalur kereta yang menggunakan rel dua ganda, hanya tersisa 207 kilimoter yang belum diselesaikan.

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed