oleh

Festival Petik Lada, Dongkrak Komoditas Lada Lampung

BANDARLAMPUNG- Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Provinsi Lampung Dessy Desmaniar Romas mengatakan kegiatan Festival Petik Lada di Kabupaten Lampung Timur akan membangkitkan gairah dan semangat para petani untuk meningkatkan hasil produksi lada daerah setemat.

“Tahun 2018 di Lampung ada kegiatan festival petik lada, semoga dengan acara ini dapat meningkatkan hasil produksi lada di Provinsi Lampung,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Provinsi Lampung Dessy Desmaniar Romas, Selasa (4/8).

Menurutnya, festival lada itu merupakan salah satu cara untuk menggairahkan kembali semangat para petani untuk membudidayakan tanaman lada.

Ia menyebutkan produksi lada dalam tiga tahun terakhir terus mengalami penurunan akibat cuaca ekstrem dan hama penyakit.

Dessy menjelaskan, kegiatan festival lada juga dapat menjadi tujuan wisata edukasi yang mampu menarik wisatawan domestik maupun orang-orang yang ingin tahu bagaimana proses produksi lada dari cara menanam sampai memetiknya.

“Lada telah menjadi kebanggan masyarakat Lampung sejak dulu dan unggulan ekspor unggulan Provinsi Lampung. Dengan adanya kegiatan ini bisa menambah gairah dan semangat untuk meningkatkan produksi lada di Provinsi Lampung,” katanya.

Pada 2017 dan 2018 , Pemerintah Provinsi Lampung telah memberikan bantuan berupa rehabilitasi tanaman lada di beberapa kabupaten, salah satunya Kabupaten Waykanan yang mendapatkaan 20 hektare rehabilitasi .

Ia mengharpkan agar festival lada ini bukan hanya di lakukan di Kabupaten Lampung Timur, tetapi dapat berkeliling ke daerah dengan potensi lada yang besar seperti Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat, Waykanan dan Lampung Utara. (Ant/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed