oleh

Mau Perpanjang SIM, Online Aja

BANDARLAMPUNG – Kini, memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa dilakukan secara online. Syaratnya mudah, siapkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Mudah bukan!

Dengan e-KTP, pemohon tak perlu lagi membuat SIM di kantor pelayanan SIM Polres dimana alamat KTP tersebut, tapi bisa dilakukan di pelayanan SIM kabupaten/kota lain karena sistem administrasinya sudah secara online di seluruh Indonesia.

“Misalkan warga Bandar Lampung bisa mendaftar dan mengajukan pembuatan SIM baru di Polres Lampung Selatan. Dimana saja bisa, misalnya lagi, warga Bandar Lampung bisa mendaftar dan mengajukan pembuatan SIM baru di Polresta Medan. Asalkan pemohon sudah terdaftar di e-KTP. Begitu juga untuk perpanjangan,” ungkap Direktur Lalu Lintas Polda Lampung, Kombes Pol Yamin melalui Kasi SIM, Kompol M. Reza.

Baca Juga :  OTT di DPM-PTSP, Gubernur: Kita Serahkan Saja ke Polisi

Kompol Reza menuturkan, seluruh pemohon, baik dari Lampung maupun luar Provinsi Lampung yang sudah ada e-KTP, bisa melakukan pembuatan SIM dan perpanjangan di Satpas yang sudah online.

“Untuk di Provinsi Lampung ada dua Polres yang belum melayani secara online, yakni Polres Pesawaran dan Polres Mesuji,” jelasnya.

Selain itu, format baru Surat Izin Mengemudi (SIM) akan mengalami perubahan dan mulai diberlakukan tahun ini. Namun, belum diketahui seperti apa format baru tersebut, karena akan dilaunching pada bulan ini (September 2018) oleh Korlantas Mabes Polri.

“Ya benar, format SIM akan mengalami perubahan. Rencananya akan dilaunching oleh pusat (Mabes Polri) pada 22 September 2018 mendatang,” kata Reza.

Baca Juga :  Hebat, Mahasiswa Unila Ubah Biji Alpukat Jadi Obat Pencegah Diabetes

Disinggung seperti apa format baru SIM tersebut, mantan Waka Polres Metro ini, belum mengetahuinya. “Saya belum tahu formatnya seperti apa. Yang pasti ada penambahan kolom dalam SIM tersebut,” jelasnya.

Mantan Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung ini menjelaskan, pemohon yang akan membuat SIM baru, disarankan untuk membuatnya setelah dilakukan launching.

“Ya itu hanya saran. Tapi yang jelas, akan ada perubahan dalam pembuatan SIM baru,” terangnya.

Untuk yang memakai SIM lama dan masih aktif, kata dia, tidak dilakukan penarikan, tetapi perubahan SIM tersebut akan dilakukan pembaruan setelah perpanjangan.

“Nggak, nggak kita tarik, tapi nanti setelah pemohon memperpanjang SIM nya, otomatis formatnya berubah,” bebernya.

Baca Juga :  Rycko - Jos! Optimis Memenangkan Pilwakot

Ia menambahkan, perubahan format baru SIM tersebut merupakan intruksi dari pusat. “Jadi untuk saat ini format baru SIM itu belum kami terapkan, nanti setelah di launching, barulah kami terapkan,” pungkasnya.(*)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed