Danrem: Indonesia tak Langgar Perbatasan Timor Leste

84

MASYARAKAT Indonesia yang bermukim di Desa Manusasi, Kecamatan Eban, Kabupaten Timor Tengah Utara tidak pernah melanggar wilayah perbatasan Timor Leste. Hal tersebut ditegaskan oleh Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang, Nusa Tenggara Timur Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa.

“Saya tegaskan di sini bahwa apa yang dituduhkan David Diaz Ximenes, anggota Komisi VIII Parlemen Nasional Bidang Pertahanan dan Kerjasama Luar Negeri Timor Leste itu tidak benar,” kata Danrem Wirasakti kepada Antara di Kupang, Minggu (9/9) pagi.

Jenderal bintang satu itu menegaskan bahwa tuduhan David Ximenes yang menyebut warga Desa Manusasi, Kecamatan Eban, Kabupaten Timor Tengah Utara yang telah merebut lahan di wilayah Timor Leste itu tidak benar. David Ximenes dalam sebuah pernyataannya di media Timor Leste, Kamis (6/9) menyebutkan warga Indonesia telah mencaplok lahan di kawasan perbatasan yang hingga kini masih menjadi lahan konflik antarkedua negara.

“Saya sangat menyesalkan sikap warga Timor Tengah Utara yang masuk membersihkan rumput di daerah setempat untuk berladang, walaupun mereka tahu ada tanda batas negara di situ,” kata David Ximenes.

Namun, Danrem Teguh Angkasa menegaskan bahwa apa yang dituduhkan anggota parlemen Timor Leste itu tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. “Ini pemutarbalikan fakta, sebab David Ximenes juga menyatakan bahwa kawasan konflik di Naktuka juga dicaplok oleh warga negara Indonesia yang bermukim di Kabupaten Timor Tengah Utara. Ini sama sekali tidak benar,” katanya menegaskan.(ant)

Haluan TV APK