oleh

Unila Kembangkan SIKERJA, BPHM

Bandarlampung – Dalam rangka pengembangan sistem informasi kinerja (SIKERJA) Universitas Lampung (Unila) tahun 2018, Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) menggelar focus group discussion (FGD).

Kegiatan yang digelar Jumat (7/9/2018) hingga Sabtu (8/9/2018) di Aula Hotel Bukit Randu, Bandarlampung ini diresmikan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Prof. Dr. Mahatma Kufepaksi, M.Sc.

Kepala Bagian Perencanaan Unila Dra. Retno Daruwati menjelaskan, SIKERJA merupakan integrasi dari seluruh sistem aplikasi komputer yang digunakan untuk pelayanan pada Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Biro Umum dan Keuangan, serta BPHM.

Ke depan, SIKERJA akan difungsikan sebagai pangkalan data Unila terpadu. Selama ini menurutnya, capaian-capaian yang telah diraih oleh setiap unit kerja sulit diakses karena tidak terintegrasi satu sama lain sehingga data sulit dikumpulkan.

Baca Juga :  XL Axiata Salurkan 350 Ribu Paket Internet Gratis Untuk Pelajar Lampung

Mahatma Kufepaksi menambahkan, selama ini masih ada sejumlah kendala yang ditemui berkenaan dengan pengumpulan data. Sebagai contoh, beberapa unit kerja sulit memberikan data padahal data itu dibutuhkan unit kerja lain untuk kebutuhan perencanaan, pembuatan laporan rektor, maupun akreditasi. “Ada pula yang memiliki data namun tidak diperbaharui,” ungkapnya.

Untuk meminimalkan kendala tersebut, lanjut Mahatma, penerapan SIKERJA diharapkan lebih memermudah akses dan pembaruan data. “Kita harus mengakui sistem informasi yang ada di Unila belum terintegrasi. Dan kita pun mendapat mandat dari kementerian untuk mengantisipasi hal ini,” paparnya.

Mahatma juga berharap, unit pelaksana teknis terkait dapat mendukung penerapan SIKERJA. “Saya harap UPT TIK yang menggawangi sistem informasi harus proaktif,” tegasnya.

Baca Juga :  XL Axiata Salurkan 350 Ribu Paket Internet Gratis Untuk Pelajar Lampung

Peserta FGD yang diikuti para pejabat di lingkungan BUK, para kepala bagian, para kepala subbagian, dan programmer sistem informasi Unila ini, diminta menyampaikan permasalahan-permasalahan terkait sistem informasi yang sedang dijalankan, kemudian bersama-sama merekomendasikan solusinya.

“Ini upaya bagaimana meningkatkan pelayanan di Unila. Mari sama-sama kita bangun sistem dengan optimal untuk meningkatkan nilai jual Unila,” ungkasnya.Rls

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed