oleh

Ribuan PNS Terjerat Korupsi Mendagri Janji akan Pecatin Semua

KOTA MALANG – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat setidaknya ada 2.350 pegawai negeri sipil (PNS) telibat korupsi. Kemudian mereka sudah memiliki kekuatan hukum tetap dari sidang tindak pidana korupsi (tipikor).

Terkait hal itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan ribuan PNS terlibat korupsi itu memang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, tetapi belum diberhentikan.

“Ada 2.350-an yang dia sudah punya kekuatan hukum tetap dari sidang tipikor, tetapi tidak diberhentikan, padahal undang-undang mensyaratkan diberhentikan,” ucap Tjahjo usai menghadiri pelantikan anggota baru DPRD Kota Malang, Senin (10/9/2018).

Sesuai rencana pada Kamis ini pihak Kemendagri, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), serta Badan Kepegawaian Nasional (BKN) akan mengadakan rapat gabungan membahas PNS korupsi.

Baca Juga :  Tiga Paslon Resmi Masuk ‘Gelanggang’ Pilwakot Bandarampung

“Rapat untuk membahas dengan detail, datanya ada semua, di kota mana, di provinsi mana, jumlah juga ada semua,” tegasnya.

Dari rapat itu nantinya dikeluarkan surat bersama antara Mendagri dengan Menpan-RB tentang pemberhentian PNS yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

“Ya otomatis diberhentikan. Tidak dibayar gajinya. Mereka sudah bersalah, sudah punya kekuatan hokum, tapi masih sebagai PNS dan digaji pula,” tutur Tjahjo.

Terkait jumlah yang akan diberhentikan, Tjahjo hanya menyatakan akan memilih para PNS yang terlibat korupsi. “Ada 2.000 lebih. Maka akan dipilah-pilah dengan baik,” jelasnya. (oz)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed