DISNAKERTANS JANJI USUT KEBERADAAN ERNAWATI

96

Haluan online-Keberadaan Tenaga Kerja Wanita asal kabupaten Mesuji yang bernama Ernawati kian menjadi perhatian berbagai pihak.

Atensi juga di dapat dari pihak Dinas tenaga kerja dan transmigrasi pemerintah daerah kabupaten Mesuji melalui Kepala Bidang Pembinaan pelatihan dan penempatan tenaga kerja Nurwawi beserta stafnya, hari ini mendatangi rumah orang tua Ernawati yang beralamatkan di Desa Budi Aji Rt/Rw 04/02 kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji.

Ada beberapa hal yang ditanyakan oleh pihak Disnakertans kepada orang tua dari Ernawati tersebut terutama terkait data data berkas pemberangkatan anak perempuanya.

” kita aka memaksimalkan pencarian ini, yang pasti modal awal susah kita dapatkan dari bu Sutiah ini kita diphamkan beberapa dokumen penting, setelah ini kami akan kordinasikan dengan pimpinan tentunya beliau telah mempersiapkan langkah2 yang harus di ambil demi melacak keberadaan saudari Ernawati ini, “terangnya pada kamis 13/09.

Hal senada dikatakan oleh Rolly Aditiawan jaya selaki Kabid HI dan Jamsostek, bahwa pihak dinas masih sangat optimis dapat mengetahui keberadaan ernawati, mengingat perkara semacam ini bukan pertama kalinya.

” yang pasti kita tetap optimis dapat mengetahui keberadaanya, ingat gak kasus yang kerja di malaisya terus belasan tahun sudah hidup di taiwan, itu saja kita bantu meskipun ternyata bukan warga mesuji, apa lagi ini Ernawati adalah benar benar warga Mesuji dengan alamat tinggal yang jelas, ” tegasnya.

Disinggung terkait langkah langkah apa yang akan diambil oleh pihak Disnakertrans, ia mengatakan bahwa kordinasi dengan berbagai pihak tentunya sangat dibutuhkan.

” yang pasti data data yang kami peroleh ini akan kami soundingkan baik ke pihak PT yang memberangkatkan maupun ke pihak kementrian ketenagakerjaan, terlepas dari pada itu mari kita sama sama bekerjasama demi menemukan keberadaan Erna, untuk itu info sekecil apapun sangat kami butuhkan, ” tandasnya.

Untuk diketahui bersama bahwa sejak tahun 2007 Ernawati berangkat menjadi Tenaga Kerja Wanita dan hingga kini belum diketahui alang ujurnya.

kepergian ernawati kala itu meninggalkan seorang anak laki laki bernama Muhammad Salman yang waktu itu masih berusia 13 bulan dan saat ini telah berusia 12 tahun.

Salman yang kini beranjak remaja tinggal berdua dengan Sutiah (65) yang tak lain adalah ibu kandung Ernawati, adapun ayah kandung dari Ernawati yang bernama Halimi Sahli telah meninggal beberapa tahun yang lalu.