Pulau Pahawang Destinasi Wisata Andalan Pesawaran

31

PESAWARAN – Sebagai daerah yang baru berkembang, Kabupaten Pesawaran mempunyai banyak potensi obyek wisata, salah satunya Pulau Pahawang sebagai destinasi andalannya.
“Selama kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir kegiatan pariwisata telah berkembang dengan pesat. Perkembangan itu dapat dilihat dari jumlah kunjungan wisata yang mengalami kenaikan sebesar 15% pertahun,” ungkap Bupati Pesawaran Dendi Ramdhona, pada acara Forum Group Discusion (FGD) Destination Brending di Aula Teluk Ratai, Selasa (18/9).
Selain itu, Dendi menjelaskan, terjadi peningkatan jumlah home stay yaitu 176 buah sampai dengan akhir tahun 2017. Ini berarti sektor Pariwisata telah mampu mengurangi angka pengangguran atau menciptakan lapangan kerja di Kabupaten Pesawaran.
“Pariwisata merupakan sektor yang sangat stratetis bagi kemajuan pembangunan daerah, oleh karena itu untuk memaksimalkan hal tersebut diperlukan peran aktif seluruh lapisan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan dengan bersungguh-sungguh dan berkolaborasi,” ujarnya.
Dendi berharap, hendaknya kolaborasi itu harus terjadi antara seluruh elemen masyarakat, pemangku kepentingan pariwisata, pemerintah, dunia pendidikan, swasta, dengan bekerjasama membangun daerah dan mewujudkan tujuan dan sasaran pembanguan kepariwisataan.
“Pemerintah sesuai dengan tugas dan kewenangannya yakni menjalankan peran dan fungsinya sebagai fasilitator dan pembuat peraturan (regulator) dalam kegiatan pembangunan kepariwisataan. Sementara masyarakat dengan sumber daya yang dimiliki, baik berupa adat, tradisi dan budaya serta kapasitas sesuai kemampuanya,” ujarnya.
Dendi menambahkan, Pesawaran memiliki bentang pesisir ± 120 km, 39 pulau besar dan kecil, tiga pulau yang terbesar diantaranya adalah Pulau Legundi, Pulau Pahawang dan Pulau Kelagian. Dan juga memiliki 18 pantai, 19 objek wisata air terjun, 3 sumber air panas, 1 Kampung Tapis, 1 kampung adat (JKPI).

“Ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berujung pada peningkatan kualitas hidup.Jadik pada kegiatan hari ini saya menyambut baik atas terselenggaranya FGD ini. Saya menilai kegiatan ini merupakan momentum strategis dalam mengembangkan potensi sumber daya unggulan untuk Kesejahteraan Masyarakat,” pungkasnya. (Mus/JJ).

Tulis Komentar