oleh

Dinsos Lampung Gelar Pembekalan Petugas LDP

BANDARLAMPUNG – Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni membuka acara Pemantapan Petugas Layanan Dukungan Psikososial, Rabu (19/9) di Hotel Bukit Randu, Bandar Lampung.

Layanan Dukungan Psikososial (LDP) merupakan amanah Undang-Undang (UU) Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial.

Sumarju mengatakan, LDP merupakan layanan sosial dasar kepada korban bencana yang menghadapi gangguan khususnya psikologi agar mampu keluar dari masalah trauma. Layanan ini penting dilakukan pada saat tanggap darurat maupun pasca bencana.

Menurutnya, LDP juga merupakan bentuk pelayanan yang diperuntukkan bagi korban yang mengalami trauma akibat bencana. LDP dapat berupa terapi psikososial, pelayanan konseling, psikoedukasi, serta penguatan-penguatan sosio psikologis lainnya.

Baca Juga :  Gubernur Kukuhkan 5 Pjs Bupati dan Serahkan Surat Plt Bupati Pesawaran

“Dampak bencana alam maupun sosial tentu saja dapat merusak/menghilangkan harta benda bahkan nyawa seseorang yang bisa mengganggu fungsi psikososial korban. Bencana sosial juga bisa berdampak rusaknya ikatan sosial, pranata adat/sosial sehingga menimbulkan ketidakpastian masa depan, menurunnya kepercayaan diri dan keputus-asaan. Dengan kata lain, kejadian bencana akan membawa dampak besar terhadap kondisi fisik, emosi, pikiran dan tingkah laku sosial korban,” jelas Sumarju.

Acara pemantapan petugas LDP diikuti 50 orang ini akan berlangsung dari tanggal 19 hingga 21 September 2018 dengan narasumber dari Kementerian Sosial, perguruan tinggi dan Praktisi dengan metode penyampaian teori maupun praktek lapangan.

“Saya berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, karena nantinya akan diterapkan ditengah-tengah masyarakat yang terkena dampak bencana sehingga dapat mengurangi beban psikologis mereka,” jelasnya. (ria)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed