oleh

TP PKK Ujung Tombak Pembangunan

LAMPUNG TENGAH- Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) merupakan mitra kerja pemerintah yang menjadi ujung tombak dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
Demikian disampaikan Bupati Lampung Tengah Hi. Loekman Djoyosoemarto, saat membuka Jambore PKK Lamteng, di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Senin (24/9).
“PKK juga sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga, dan memiliki andil yang sangat besar dalam membina dan memaksimalkan anggota keluarga melalui para kadernya,” ujar Loekman.
Menurut bupati, keluarga merupakan pondasi awal, dan dasar pembangunan serta sebagai lingkungan pertama dalam kehidupan manusia. Dari keluargalah
diharapkan dapat lahir generasi penerus bangsa yang dapat menerima dan meneruskan tongkat estafet pembangunan.
“Tidak bisa kita pungkiri, Gerakan PKK di tanah air ini sudah banyak mendatangkan nilai-nilai positif dalam membantu proses pembangunan khususnya dalam pemberdayaan masyarakat diberbagai bidang, baik bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, budaya dan sosial kemasyarakatan.” katanya.
Kedepan, Loekman berharap para kader PKK Lamteng lebih meningkatkan kinerjanya dalam upaya memberdayakan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat melalui pengembangan 10 program pokok PKK. Dari 10 program tersebut hampir semuanya ada keterkaitan baik secara langsung maupun tidak,di dalam program-program SKPD.
“Untuk itu saya berharap kader PKK Lamteng terus menyumbangkan kopetensinya didalam lingkup 10 program pokok PKK. Dan melalui pelaksanaan Jambore ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, motivasi dan peran serta Tim dan kader Penggerak PKK dalam pemberdayaan dan pembinaan masyarakat ke depan,” harapnya.
Bupati gotong royong ini juga berpesan kepada kader PKK dan peserta Jambore Lamteng, agar kegiatan ini dapat dijadikan wadah memupuk kebersamaan dan ajang silaturahmi, saling berbagi pengalaman sekaligus sebagai ajang meningkatkan kemampuan yang ada pada setiap kader.
“Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan persahabatan yang dapat memotivasi para kader PKK Lamteng untuk menunjang terwujudnya keluarga sehat dan sejahtera,” ungkapnya.
Orang nomor satu di Bumi Beguai Jejamo Wawai ini menambahkan, berbagai perlombaan yang diadakan sebagai rangkaian acara Jambore PKK Lamteng, dan outputnya yang diharapkan adalah melahirkan ketrampilan dan kreatifitas yang tinggi dari para kader sehingga masyarakat dapat lebih berdaya dan maju.
“Pemberdayaan terhadap kader-kader PKK Lamteng mempunyai manfaat yang sangat besar terhadap pelaksanaan 10 program pokok PKK. Apabila program ini dapat terwujud tentunya akan memberikan dampak yang positif terhadap kemajuan masyarakat.” pungkasnya.
Dikesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Lamteng, Ellya Lusiana Loekman berharap, Jambore kader PKK dapat menjadi sarana pembelajaran dan berbagi pengalaman dalam melaksanakan tugas PKK di daerah masing-masing. Sehingga akan terbangun kerjasama, kebersamaan dan solidaritas antar kader dan anggota PKK se-Lamteng.
Jambore kader PKK ini juga, lanjutnya, merupakan sarana untuk meningkatkan kapasitas diri kader Posyandu yang memiliki tugas untuk melakukan penyuluhan, penggerakkan dan pencatatan sederhana dalam proses pembangunan sebagai mitra pemerintah,” ujarnya.
“Saya juga mengucapkan beribu terimakasih kepada Ketua TP-PKK Lamteng yang lama, Ibu Nessy yang sudah banyak berbuat untuk Kabupaten kita ini, sehingga PKK di Lamteng semakin baik,” pungkasnya.(Rendra/JJ).

Tulis Komentar

Baca Juga :  Proyek RSUD Dinkes Pringsewu, Penawaran CV Al-Fatih ‘Bengkak’ 30 Juta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed