oleh

410 DCT Anggota Legislatif Waykanan Ditetapkan

BANDARLAMPUNG- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Waykanan Provinsi Lampung, telah menetapkan 410 daftar calon tetap (DCT) pemilihan anggota legislatif untuk DPRD setempat dari lima daerah pemilihan pada Pemilihan Umum 2019..

“Sebanyak 410 calon anggota legislatif akan merebutkan 40 kursi di DPRD Kabupaten Waykanan,” kata Komisioner KPU Waykanan Refki Dharmawan, saat di hubungi dari Bandarlampung, Minggu (23/9).

Menurutnya, jumlah peserta calon anggota legislatif ini terdiri atas 252 laki dan 158 perempuan. Dengan keikutsertaan perempuan mencapai 38,42 persen.

Rifki menjelaskan dari 16 partai politik yang akan bertarung pada pemilihan legislatif (pileg) 2019, paling dominan yaitu Partai Demokrat dan Nasdem dengan masing-masing menyumbangkan 40 orang calon anggota legistalif.

“Jadi paling banyak ada di Partai Demokrat dan Partai Nasdem,” ujarnya

Sedangkan rincian jumlah calon legislatif (Caleg) dari masing-masing partai antara lain Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 25 calon laki-laki, 14 calon perempuan keseluruhanhya 39 DCT, Partai Gerindra 16 laki-laki dan 10 perempuan keseluruhannya 26 DCT, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 23 laki-laki dan 15 perempuan keseluruhannya 38 DCT.

Selanjutnya, Partai Golongan Karya 20 laki-laki dan 15 perempuan keseluruhannya 35 DCT, Partai Nasdem 26 laki-laki dan 14 perempuan keseluruhannya 40 DCT, Partai Berkarya 11 laki-laki dan 8 perempuan kesleuruhannya 19 DCT.

Baca Juga :  Sumarsono: Relawan Jangan Saling Serang

Partai Keadilan Sejahtera 19 laki-laki dan 11 perempuan keseluruhannya 30 DCT, Partai Perindo 14 laki-laki dan 9 perempuan keseluruhannya 23 DCT, Partai Persatuan Pembangunan 13 laki-laki dan 9 perempuan keseluruhannya 22 DCT, Parrtai Solidaritas Indonesia 7 laki-laki dan 5 perempuan keseluruhannya 12 DCT.

Partai Amanat Nasional 24 laki-laki dan 15 perempuan keseluruhannya 39 DCT, Partai Hanura 11 laki-laki dan 9 perempuan keseluruhannya 20 DCT, Partai Demokrat 26 laki-laki dan 14 perempuan keseluruhannya 40 DCT, Partai Bulan Bintang 4 laki-laki dan 2 perempuan total 6 DCT, PKPI 13 laki-laki dan 8 perempuan total 21 DCT.

Refki menjelaskan daftar calon yang sudah diputuskan melalui pleno KPU Waykanan itu disusun berdasarkan daerah pemilihan, tercantum dalam formulir model DCT DPRD Kabupaten. (Ant/JJ)>

Jembatan Penghubung Desa Sinar Rezeki Diperbaiki
LAMPUNG SELATAN- Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan memperbaiki kerusakan jembatan penghubung di Desa Sinar Rezeki, Kecamatan Jati Agung sebelumnya dikeluhkan warga mengakibatkan akses yang menghubungkan antardesa di kecamatan setempat menjadi tersendat.

“Bahkan, jika tak segera diperbaiki, jalur transportasi penghubung kawasan Desa Karang Rejo, Sidoharjo, Sinar Rejeki dan Purwotani terancam putus dan berdampak terhadap perekonomian warga,” kata Kepala Desa Sinar Rezeki Daryanto, di Lampung Selatan, Selasa (25/9).

Dia menuturkan, akibat kerusakan jembatan tersebut, masyarakat terpaksa harus melalui jembatan darurat atau memutar arah dengan rentang jarak lebih jauh. Selain membutuhkan waktu yang lebih, biaya operasional pun menjadi lebih besar.

Baca Juga :  Bertambah Lagi, Dua Pasien Tanggamus Terkonfirmasi Positif Covid-19

“Kami sudah melapor kepada Bupati, alhamdulillah langsung direspons dan turun langsung meninjau jembatan yang putus akibat banjir beberapa bulan yang lalu,” kata Daryanto.

Menurutnya, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyempatkan meninjau jembatan yang rusak itu pada minggu lalu.

Tak ingin pengerjaan asal jadi, Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto kemudian meninjau langsung pengerjaan perbaikan jembatan tersebut.

Nanang memastikan, masyarakat bisa melintasi kembali jembatan itu dalam waktu dekat.

Menurut mantan anggota DPRD Lampung Selatan dua periode ini, pengecekan sangat penting dilakukan untuk mengetahui kualitas bangunan serta pengerjaannya telah sesuai dengan juklak dan juknis yang ada.

“Jangan sampai nanti pengerjaannya asal jadi,” kata Nanang pula. (Ant/JJ).
Cao:Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meninjau langsung pengerjaan perbaikan jembatan penghubung di Desa Sinar Rezeki, Kecamatan Jati Agung , Minggu (23/9) (Foto: Antaralampung.com/HO)

Pemandu Wisata Ikuti Pelatihan
PESISIR BARAT- Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat menggelar kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pemandu wisata daerah ini dalam mengangkat dan mempromosikan objek wisata salah satu kabupaten termuda di Provinsi Lampung ini.

Baca Juga :  Septi Istiqlal Sosialisasi Senam Bersama Untuk Cegah Covid-19

Kepala Dinas Pariwisata Pesisir Barat Audi Marpi, di Krui, Pesisir Barat, Selasa (25/9). mengatakan bahwa tujuan pelatihan pramuwisata ini adalah untuk meningkatkan pemahaman kepariwisataan, meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan, dan menyukseskan pembangunan pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat.

“Peserta kegiatan ini berasal dari perwakilan masing-masing kecamatan se-Pesisir Barat. Waktu kegiatan dilaksanakan selama dua hari, 24-25 September dan pelatihan diadakan di Ombak Indah Resort Tanjungsetia, Kecamatan Pesisir Selatan,” katanya lagi.

Pelatihan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kehumasan Pemkab Pesisir Barat Syamsu Hilal SSos, Kasi Teknis UPTD Pengelola Kawasan Wisata Terpadu Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, dan Kabid Humas DPD HPI Lampung, Dirut Indonesian Hotel School Lampung, dan 30 peserta pelatihan.

Syamsu Hilal mengatakan digelar pelatihan pramuwisata ini sangat baik, terutama untuk meningkatkan serta mengangkat potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Pesisir Barat.

“Pesisir Barat memiliki potensi pariwisata yang besar. Artinya sudah menjadi kewajiban bersama untuk memaksimalkan potensi tersebut,” ujarnya pula. (Ant/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed