oleh

Aptisi Ajukan Keberatan Akreditasi Syarat CPNS

BANDAR LAMPUNG – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) pusat bersama daerah telah mengajukan keberatan kepada Kementerian PAN RB dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, terkait syarat lulusan berasal dari perguruan tinggi terakreditasi baik dalam melamar sebagai CPNS.

Hal ini dikatakan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah II-B Lampung, Firmansyah Y Alfian, Selasa (25/9/2018). Menurutnya, pihak pemerintah belum merespon apa yang menjadi keberatan APTISI.

“Kami sudah menghadap Kemen PAN RB dan Kemenristek Dikti, jangan sampai membuka lowongan CPNS harus berasal dari perguruan tinggi terakreditasi baik tetapi juga diberi kesempatan kepada seluruh lulusan perguruan tinggi. Akreditasi C itu juga katagori baik,” ujar dia.

Ia meminta kepada pemerintah jangan menyalahkan perguruan tinggi dalam konteks tersebut. Menurutnya, perguruan tinggi termasuk swasta merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa.

“Sekarang ini masih banyak perguruan tinggi terakreditasi C termasuk di Lampung khususnya di daerah. Kalau lulusannya dibatasi untuk melamar sebagai CPNS, itu bukan salah perguruan tingginya itu tanggung jawab pemerintah,” katanya.

Ia menilai, masih banyaknya masyarakat menempuh pendidikan di perguruan tinggi terakreditasi C karena keterbatas akses dan masyarakat menginginkan biaya pendidikan yang terjangkau.

“Seperti di daearah, masih banyak masyarakat belum bisa ke kota untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang akreditasinya A atau B. Itu masalah keterbatasan akses. Bila pemerintah memfasilitasinya tidak seperti ini jadinya,” kata dia.

Menurutnya, masyarakat menempuh pendidikan di perguruan tinggi terakreditasi C belum tentu tidak mempunyai kualitas, melainkan sama-sama memiliki potensi yang baik seperti halnya dari perguruan tinggi lain.

“Belum tentu lulusan dari kampus akreditasi C itu tidak mampu bersaing. Biarkan saja dulu mereka berkompetisi, lagi pula masuk CPNS melalui tes. Jangan sampai mendiskriminasikan mereka,” kata dia. lppro.com

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed