oleh

Polisi Gerebek Pabrik Narkoba

BOGOR, – Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat mengamankan ribuan butir pil ekstasi, termasuk mesin dan bahan pembuatannya, di sebuah rumah di Perumahan Sentra Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Dalam pengungkapan kasus ini, polisi menangkap seorang penghuni rumah berinisial AP (40). Selain menjadi pengedar ekstasi, AP juga memproduksi barang haram tersebut.

Kepala Polres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Hengki Haryadi mengatakan, pengungkapan kasus tersebut bermula dari penangkapan bandar narkoba berinisial SI (55) dan RS (24), Minggu.

Hengki menyebut, dalam sehari, tersangka AP mampu memproduksi 500 butir pil ekstasi. Dari pengakuan AP, sambung Hengki, ia sudah memproduksi ekstasi selama satu tahun. “Bahan baku ekstasinya didapat dari jaringan pasar gelap internasional.
Tersangka kemudian menjual hasil produksinya (ekstasi) ke jaringan lapas di Jakarta,” ungkap Hengki dalam rilisnya di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Senin (24/9/2018).
Dirinya menambahkan, temuan ekstasi jenis casper itu mengungkap fakta baru.

Baca Juga :  PH Mencium Penangkapan SA Dipaksakan

Sebab, selain mempunyai daya rusak yang kuat bagi si pemakainya, ekstasi itu juga terbuat dari bahan utama sabu (methaphetamine, ketamine, ephidrine, kafein, dan forfor). “Ini ekstasi jenis baru, termasuk langka dan pertama kali ditemukan.

Efeknya dapat mengakibatkan pemakainya meninggal akibat OD (over dosis, red),” sebutnya. Sementara itu, Kepala Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri Komisaris Besar Sodiq Pratomo menjelaskan, ekstasi tersebut terbilang sangat berbahaya karena memiliki tiga efek, yaitu stimulan, halusinasi dan anti-depresi.

Ia menuturkan, dari beberapa jenis bahan campuran pembuatan ekstasi itu, bahan baku epheridrine merupakan bahan yang belum bisa diproduksi di dalam negeri. “Bahan baku epheridrine ini didapat dari jaringan pengedar narkotika internasional. Temuan ini akan kami tindaklanjuti dengan penyelidikan lebih lanjut,” ungkap dia. kps

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed