oleh

Keluarga Korban Vaksin MR Tempuh Jalur Hukum, Dinkes Tuba Lepas Tangan

TULANGBAWANG-Tidak adanya itikad baik dari Dinas Kesehatan Tulangbawang, keluarga Muhammad Lukas Rafael (5) warga Desa Gedung Karya, Kecamatan Rawajitu, Tulangbawang (Tuba) yang diduga korban vaksin Measles Rubella (MR), akhirnya membawa persoalan ini ke ranah hukum.
“Sepertinya sudah tidak ada itikad baik dari Dinkes Tuba untuk mempertangungjawabkan korban Vaksin MR Lukas, kami sepakat untuk membawa masalah ini ke ranah hukum,” tegas Lukman, kakek Lukas, saat dihubungi via telepon, Rabu (26/9).
Lukman juga mengaku akan meminta batuan hukum untuk mendorong persoalan ini agar di kemudian hari tidak ada lagi korban MR seperti Lukas.
“Saya akan meminta bantuan hukum. Semoga ke depan tidak ada lagi korban MR seperti Lukas,” harapnya.
Diberitakan sebelumnya, Keluhan keluarga Muhamad Lukas Rafael (5) warga Desa Gedung Karya, Kecamatan Rawajitu, Tulangbawang (Tuba) yang diduga korban vaksin Measles Rubella (MR), akhirnya mendapat respon positif dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulangbawang.
Pihak Dinkes melalui Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Feriany Said,SKM M.Kes. membenarkan jika Lukas masuk rumah sakit.
“Awalnya kami mendapat laporan dugaan bahwa ada salah satu murid sekolah setelah disuntik mengalami kejang-kejang dan dirujuk ke GMC Bandarjaya. Sebelumnya ditawarkan agar dirujuk di RSUD Menggala, tetapi pihak keluarga korban mau,” jelasnya, Kamis (13/9).
Namun, menurut Fariany, yang dilakukan pihakya sudah sesuai standard Operator Procedure ( SOP ). Sebagai bentuk kepedulian Dinkes, pihaknya berjanji dalam waktu dekat akan berkunjung ke rumah Lukas.
“Kami akan berkunjung ke rumah Lukas sebagai bentuk perhatian,” ujarnya.
Dijelaskannya, pihaknya sudah pernah menjengkuk Lukas di GMC, setelah berkoordinasi dengan dokter, diketahui jika Lukas menderta sakit Meningoensefalitis, bukan akibat vaksin MR,” jelasnya.
Lebih lanjut dijelaskannya, jika dalam SOP vaksin MR untuk 1 ampul dipakai untuk 8 orang.
“Jadi selain Lukas ada 7 orang teman yang disuntik dan tidak ada masalah,” ungakpnya. (Hartawan/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed