oleh

Kades: Salah Memilih Pemimpin akan Rugi

PESAWARAN – Jika salah memilih pemimpin, maka lima tahun kedepan warga masyarakat kedondong akan merasakan suka dan dukanya. Hal ini disampaikan Kepala Desa (Kades) Kedondong Irwan Rosa S.H, saat membuka acara pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) preode 2018-2024 yang di gelar secara demokrasi diBalai Desa setempat, Jumat (28/9).

“Di tangan masyarakat pemilihlah yang akan menentukan mundur majunya desa kedondong ini. Pelihlah sesuai hati nurani masing-masing, namun sebaliknya jika salah dalam menentukan pilihan maka kita juga yang akan rugi”tegas Ketua Karang Taruna Kabupaten pesawaran ini.

Lanjutnya Irwan Rosa juga menjelaskan sedikit tugas dan pungsi anggota BPD dalam pelaksanaan keberlangsungan roda pemerintahan di Desa. Pemilihan/pembentukan Anggota BPD disesuaikan dengan kedudukan Desa.

Sebagai penyelengara Pemerintahan Desa dan Pengambil Keputusan, maka Anggota BPD adalah wakil dari Penduduk Desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara Musyawarah dan atau secara demokrasi pemilihan seperti yang kita akan laksanakan pada hari ini.

Baca Juga :  DTPH Lambar Siapkan Tiga Program Unggulan

“Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan bagian Pemerintahan Desa yang bertugas sebagai mitra dan pengawasan pelaksanaan Pemerintah Desa, Siapapun yang terpilih nantinya diharapkan agar mampu menjadi wakil yang tau kebutuhan masyarakatnya dan yang paling penting bisa bekerja sesuai tupoksinya,” harapnya.

Sementara dalam sambutannya ketua pelaksana pemilihan anggota BPD Baddrunnaimsyah S.E sebelum acara pemilihan di mulai menjelaskan tentang mekanisme pemilihan BPD seperti yang tertera dalam peraturan Menteri dalam negeri Republik Indonesia nomor 110 tahun 2016 tentang BPD, terutama pada pasal 5 sampai 8 yang dalam aturan tersebut di sebutkan tentang keterwakilan perempuan untuk menjadi anggota BPD.

“Dari tahapan awal penjaringan calon nggota BPD, Panitia sudah melaksanakannya dengan baik hingga menghasilkan sebanyak 24 orang calon anggota BPD yang akan kita pilih pada hari ini” jelasnya.

Baca Juga :  Gubernur Lampung Hantarkan Pjs Bupati Pesisir Barat

Selain itu, Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Pesawaran ini juga menyampaikan mereka sudah menyiapkan kertas suaranya, dan dalam kertas itupula sudah ada nama dan poto para peserta calon anggota (BPD) yang sudah mendaftarkan diri yang akan ikut kompotisi menjadi anggota BPD.

“Untuk menghindari dari hal-hal yang tidak kita inginkan maka pemilihannya digelar secara demokrasi apa lagi antusias warga yang mencalonkan diri untuk menjadi anggota BPD ini banyak,sehingga peserta pemilihnyapun mencapai 1.147 orang” ujarnya.

Bang Naim sapaan akrab ketua panitia ini menambahkan, dari 24 orang peserta calon anggota BPD itu yang berhak menjadi anggota BPD adalah suara terbanyak. Sebab,kata dia, 24 orang itu hanya sembilan oran yang akan ditetapkan sebagai anggota BPD nantinya.

Baca Juga :  Nambah Lagi, Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Tanggamus Bertambah 1

“Pemilihan ini kita bagi dua termen, mengingat hari pelaksanaan pemilhan BPD diDesa Kedondong tepat di hari jum’at. Termen pemilih pertama atau yang dimulai dari pagi hari yakni dari dusun 5 sampai dusun 8, sementara dari dusun 1 sampai dusun 4 setelah Pukul 1. 00, wib. Sedangkan pemilihan calon nggota BPD yang keterwakilan dari perempuan akan dilaksanakan pada hari minggu mendatang”tutupnya. (Mus/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed