oleh

Lampung Siapkan SDM Hadapi Perekonomian Global

BANDARLAMPUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung gencar menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung dalam menunjang kesiapan sumber daya manusia menghadapi perekonomian global.

“Pembangunan kita arahkan untuk memacu pertumbuhan ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti jalan tol. Begitu juga bandara, kawasan industri dan pariwisata,” kata Plt. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Taufik Hidayat.

Ia mengatakan hal itu pada seminar dalam memperingati Hari Statistik tahun 2018, bertema “Optimalisasi Sumber Daya Lokal Memacu Pertumbuhan Ekonomi Lampung”, di Bandarlampung.

Ia mengatakan, untuk itu pembangunan diarahkan untuk memacu pertumbuhan ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti jalan tol. Begitu juga bandara, kawasan industri dan pariwisata.

Dalam mencetak SDM yang berkualitas seperti di bidang pendidikan, Pemprov Lampung terus meningkatkan infratruktur pendidikan.

Baca Juga :  Rycko - Jos! Optimis Memenangkan Pilwakot

Menurutnya, peningkatan infrastruktur itu melalui pembangunan dan rehabilitasi unit sekolah baru atau ruang kelas baru dan pembangunan ruang perpustakaan dan laboratorium sekolah.

Pemprov, lanjutnya, juga melakukan peningkatan kesejahteraan dan kualitas tenaga pengajar melalui pemberian dana insentif bagi guru honorer dan pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik di daerah terpencil melalui program Lampung Mengajar.

Kemudian, pemberian beasiswa, mendukung pendidikan vokasi dan perguruan tinggi meliputi hibah tanah untuk Universitas Lampung, UIN Lampung, pembukaan jurusan D3 Pariwisata di Polinela, SMK Pariwisata dan SMK Industri.

Selain itu, adanya pemberian Bosda bagi siswa SMA/SMK yang menjadi kewenangan Pemprov Lampung.

Taufik dalam kesempatan itu menjelaskan hasil pembangunan Lampung yang sarat dengan prestasi. Misalnya terkait pendidikan Lampung membangun perpustakaaan modern, dan pembangunan observatorium astronomi yang terintegrasi dengan optimalisasi fungsi Taman Hutan Rakyat Wan Abdurahman.

Baca Juga :  Riana Arinal Siap Salurkan Bantuan Masker dan Telur dari Poltekes dan PT Malindo Feedmil

Pemprov Lampung juga memiliki program Lampung Kompeten yang merupakan komitmen dalam upaya meningkatkan kompetensi SDM daerah melalui program sertifikasi keahlian/profesi agar diakui dan memiliki nilai tawar tingkat nasional dan internasional.

“Pada tahun 2017 telah mensertifikasi sebanyak 56 ASN dan 1.397 masyarakat,” ujarnya. (ant)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed