oleh

DKP Waykanan Dorong Peningkatan Kualitas Beras

WAYKANAN – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Waykanan terus melakukan pembinaan kepada pengelola beras di tiap kampung untuk meningkatkan mutu produk beras agar kwalitas beras yang dihasilkan dapat terjamin dengan baik.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Waykanan Sumanto, saat di hubungi melalui Whatsapp, Selasa (2/10) mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan kepada beberapa pengelola beras yang ada di kampung penghasil beras untuk terus meningkatkan kwalitas serta mutu beras agar dapat bersaing di pasaran untuk meningkatkan pehasilan petani padi.
Selanjutnya kata Sumanto, hari ini Dinas ketahanan pangan dan kabag perekonomian cek kesiapan gapoktan pengelola beras yang akan kita rencanakan agar ASN dapat membeli beras dari gapoktan agar Nilai jual petani meningkat. Salah satu contoh beras yang sudah beredar dipasaran adalah beras Cap Baung kampung Serdang Kuring dan BMW Kecamatan Bahuga.
Diantara gapoktan penghasil beras adalah gapoktan sepakat Bumi harjo Kecamatan Buay Bahuga, dengan kapasitas yang di hasilkan 30 ton beras, gapoktan BMW Kecamatan Bahuga, dengan kapasitas beras yang di hasilkan 50 ton serta gapoktan serdang kuring Kecamatan Bahuga dengan kapasitas beras yang di hasilkan sekitar 45 ton beras.

Baca Juga :  Pasien Covid-19 di Pringsewu Dinyatakan Sembuh

Masih kata Sumanto, Kita juga berharap pemerintah daerah dapat memfasilitasi gapoktan penghasil beras melalui binaan ketahanan pangan gapoktan siap Muo dengan ASN agar daya saing petani padi atau beras dapat masuk ke Waralaba waralaba yang ada
Dinas ketahanan Pangan yang dilakukanya adalah pembinaan mutu produk beras agar kwalitas beras yg dihasilkan kelompok tani atau gapoktan ada nilai daya saingnya pada tingkat pemasaran.
Salah satunya adalah dengan mendorang agar penggilingan padi dapat diregestrasi dan beras yg dihasilkan dapat tersertifikasi sehingga visi dan misi maju dan berdaya saing disektor ketersedian pangan dapat terwujut dengan baik di Kabupaten Waykanan. (Yasir/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed