oleh

AKHI Gelar Seminar Kesehatan Haji Nasional

BANDARLAMPUNG – Assosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Lampung menggelar Seminar Nasional dan Workshop Kesehatan Haji Kiat Sukses Lolos Seleksi TKHI/PPIH dengan tema “Menuju Petugas Kesehatan Haji Indonesia yang Shar’i (Sigap Handal Amanah Responsif dan Inovatif) ” di Balai Keratun Komplek Kantor Gubernur, Minggu (07/10)

Acara ini dibuka oleh Hamartoni Ahadis selaku Sekretaris Daerah Provinsi Lampung mewakili Gubernur Provinsi Lampung.

Menurut Ketua Pelaksana, Sri Aryanti, MM.M.Kes, acara tersebut dihadari oleh 500 peserta dan dari unsur dinkes, depag. MUI dan perwakilan rumah sakit umum.

Ada sederet nama yang menjadi narasumbe, yaitu Dr.dr.H. Eka Jusuf Singka,M.Sc (Kepala Pusat Kesehatan Haji), Dr.dr.H.Reihana Wijayanto, M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung), dr.H.Mohamad Yanuar Fajar, Sp.P, FISR, FAPSR, MARS (Direktur KKHI Madinah 2018), dr.H Jerry Nasruddin Pattimura,Sp.PD (Komandan TGC PPIH 2016-2018), Dr.H.Tendry Septa,Sp.KJ (K) (Direktur RSJ Daerah Prov.Lampung) dan Ns.H.Eko Harsono,S.Kep PPIH 2016.

Baca Juga :  Pemprov Lampung Sambut Kunjungan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Dari Pemprov Sumsel

Dr.dr.H. Eka Jusuf Singka,M.Sc Kepala Pusat Kesehatan Haji mengatakan untuk menjadi petugas haji syaratnya hanya satu yakni meluruskan niat , tekad harus bulat. Menurutnya jika selama ini ikut mendaftar tidak kunjung diterima masih ada yang salah dengan niatnya. Oleh sebab itu mulai sekarang harus merubah niatnya.

“Syarat pertama harus ikhlas tidak ada embel-embel, benerin dulu niatnya, kalau sudah berulang kali tidak lulus itu karena niatnya belum lurus, niat dalam dirinya belum benar,” kata Eka

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana mengatakan sejak diberlakukanya istitoah, jumlah jamaah haji Lampung yang meninggal turun drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Tahun sebelumnya banyak jamaah yang meninggal, sekarang turun tercatat 15 meninggal dunia,” kata dia

Baca Juga :  Selain Sukses Pilkada, Lima Pjs Diminta Selamatkan Masyarakat dari Pandemi

Istitoah merupakan pemeriksaan kesehatan jamaah terkait kemampuan jemaah haji dari aspek kesehatan yang meliputi fisik dan mental dan terukur dengan pemeriksaan yang dapat dipertanggung jawabkan, sehingga jamaah bisa menjalankan sesuai dengan tuntutan agama Islam.(ria)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed