Angkutan Lebihi Tonase Rusak Jalan Margodadi

36

TULANGBAWANG BARAT- Kondisi Jalan Tiyuh Margodadi, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) yang merupakan akses jalan utama kerab rusak. Angkutan yang melebihi tonase, diduga menjadi penyebab rusaknya jalan tersebut.
“Kami minta dinas terkait melakukan sosialisasi dan penindakan simpatik kepada pengemudi yang ketahuan mengangkut kelebihan barang dan angkutannya berukuran lebih,” kata Dimin, mewakili puluhan warga Margodadi, Minggu (7/10).
Ia mengatakan, adanya aturan larangan kendaraan angkutan kelebihan muatan barang dan ukuran melintasi jalan raya sebenarnya bukan ketentuan baru. Namun demikian, diakuinya, selama ini ketentuan tersebut masih terus dilanggar.
“Kami menyambut baik program Pemkab, khususnya Infrastuktur jalan, mengingat jalan adalah salah satu kebutuhan warga untuk melakukan aktifitas sehari-hari,” terangnya.
Dirinya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pemerintah daerah melalui Dinas terkait atas perbaikan jalan, khusunya di lingkungan suku 4 dan 5. Dimana jalan tersebut menjadi salah satu jalan alternatif penghubung tiga tiyuh.
Senada juga di katakan Edi, warga dusun setempat, untuk menjaga agar jalan tidak cepat rusak, dirinya dibantu warga sekitar sengaja membuat portal agar tidak dilalui kendaraan besar.
“Ya mas, dibadan jalan kami sengaja buat portal dari drum yang di isi semen. Hal ini kita lakukan agar jalan ini tidak dilalui kendaraan besar, seperti fuso atau truck yang sering kali melintas dan menjadi salah satu penyebab jalan cepat rusak,” jelasnya. (Toni/JJ).