Taufik Hidayat: Komunikasi Peranan yang Sangat Penting

56

BANDARLAMPUNG- Gubernur Lampung yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi Dan Pembangunan Taufik Hidayat, membuka acara seminar Nasional dengan tema “Sinergi Komunikasi Digital Dan Penyuluhan Dalam Pembangunan Nasional”, di Amersia Hotel, Bandarlampung, Rabu (10/10).
Dijelaskan Taifik, komunikasi merupakan peranan yang sangat penting, kemampuan individu serta sumber daya alam (SDM) pada masing masing instansi secara profesional, baik dalam mengelola, mengirim atau memperoleh informasi secara efektif dan efisien, termasuk dalam mendistribusikan info kepada publik.
” Saya mengharapkan tercipta pertukaran informasi sekaligus bersama-sama mengembangkan komunikasi digital dalam berbagai aspek dalam menentukan keberhasilan pembayaran nasional, khususnya di provinsi Lampung,” ujarnya.
Ia juga mengatakan, provinsi Lampung berekspresi dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
“Mengingat dampak perkembangan teknologi komunikasi yang mulai disarankan sekarang ini sebagai akibat arus informasi semakin cepat dan semakin luas,” ujarnya.
“Hal ini membuat membuat penanganan informasi oleh jajaran pemerintah provinsi Lampung menjadi semakin kompleks sehingga menuntut untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pembangunan,” ungkapnya.
Menurutnya, pembangunan yang direncanakan bersama antara pemerintah dengan masyarakat akan memberikan manfaat positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Usaha peningkatan peran komunikasi dalam pembangunan nasional dapat dilakukan melalui peningkatan komunikasi teknologi dan informasi.
“Untuk itu Indonesia menempatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai salah satu fokus utama pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia,” ujarnya.
Di masa mendatang arus informasi akan terus meningkat melalui jaringan internet yang bersifat global di seluruh dunia dan menuntut siapapun untuk beradaptasi.
“Keberadaan internet pada sama kini sudah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia modern dalam menghadapi tantangan perkembangan global,” tandasnya. (Ria/JJ).