oleh

DPT Metro Berkurang 577 Pemilih

METRO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu dan Pilpres 2019 sebanyak 112.193 pemilih. Jumlah tersebut merupakan hasil pencermatan KPU melalui PPK, PPS dan Bawaslu Kota Metro.
Penetapan DPT Kota Metro 2018 itu dilakukan di ruang rapat KPU, Kamis (12/9) yang dimulai pukul 14.30 WIB – molor setengah jam dari jadwal semula pukul 14.00 WIB.
Rapat Pleno KPU itu langsung dipimpin Ketua KPU, Drs Sukatno, SP didampingi keempat komisioner, Agus Riyanto, MPdi, H Nur Muhammad, MH, Tony Wijaya, SPdi dan Nova Hadiyanto, SIP, Msi dihadiri unsur PPK, Bawaslu, Parpol, Forumkopinda Kota Metro.
Dalam sambutan pembukaannya, Sukatno mengatakan, DPT yang akan ditetapkan itu merupakan hasil rekafitulasi perbaikan DP (daftar pemilih) yang dilakukan sejak beberapa waktu lalu oleh KPU dan PPK.
Bahkan Ketua KPU Metro itu secara langsung menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran PPK di lima kecamatan dan para operator.
“Saya menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras saudara-saudara di PPK dan KPU dalam rangka memutakhirkan DPS menjadi DPT,” kata Sukatno.
Ditambahkan Sukatno, hasil penetapan DPT pemilu dan pilpres 2019 itu akan diserahkan dalam rekaf konversi kepada PPK, PPS, KPU Provinsi, Bawaslu, Parpol dan Pemkot dalam bentuk softcopynya.
Untuk penyampaian hasil pencermatan (rekafitulasi) – perbaikan DPS diserahkan kepada komisioner KPU bidang data, Tony Wijaya Spdi. Menurut Tony, jika nanti setelah ditetapkan DPT, ada pemilih yang sudah terdaftar, meninggal dunia.
“Maka, DPT tidak akan dirubah,” jelas Tony kepada peserta Rapat Pleno KPU.
Diakui oleh Tony, untuk menghasilkan rekafitulasi DPT yang dilakukan PPK dan operator pada tahap akhir, merupakan perjuangan yang tak kenal waktu dan hasilnya akan kita tetapkan hari ini.
Dari hasil pencermatan untuk DPT Kota Metro itu, dari DPT Metro Barat jumlah DPTnya berkurang jadi 18.074 pemilih, sebelumnya 18.139 pemilih. DPT Metro Utara menjadi 19.816 pemilih, Metro Pusat 35.366 pemilih, Metro Selatan menjadi 26.576 pemilih ditandai adanya penambahan 22 pemilih baru terdiri dari 9 laki-laki dan 13 pemilih perempuan.
Sementara itu dalam rapat pleno penetapan DPT tersebut, 4 wakil parpol tidak hadir, antara lain dari Golkar, Partai Garuda, Hanura dan PBB. Dari unsur pemerintah yang hadir dari Kodim 0411 Lampung Tengah, Disduk Capil, Kesbangpol.
Sedangkan dari unsur PPK kecamatan, PPK Metro Barat hanya diwakili 1 orang, Metro Selatan diwakili 2 orang, Metro Timur diwakili 1 orang. Metro Pusat, Metro Utara mengirimkan semua anggota PPKnya sebanyak 3 orang. (Verry/Naim/JJ).

Tulis Komentar

Baca Juga :  Tim Gabungan Tubaba Gelar Razia Masker

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed