oleh

Hiswanamigas Minta Pemerintah Cabut Subsidi BBM Premium dan Solar

Bandarlampung, Hiswanamigas Lampung minta pemerintah pusat cabut subsidi BBM premium untuk kawasan Lampung, Sumatera dan Jawa karena dinilai tidak tepat sasaran dan sering memunculkan banyak kasus penimbunan maupun truk tangki kencing di jalan.

Hal itu diungkapkan Doni Irawan Wakil Ketua Hiswanamigas Lampung bidang pembinaan SPBU pada Haluan Lampung, Senin di Bandarlampung.

Doni mengungkapkan, bukan saya tidak setuju subsidi BBM, tapi subsidi tepat sasaran yakni BBM premium khusus hanya untuk motor dan kendaraan angkutan umum. Seperti angkot dan mobil penumpang umum maupun mobil travel, truk dan bus antar kota untuk solar subsidi, ujar dia.

Dikatakan, selama ini saya melihat subsidi BBM tidak tepat sasaran karena yang menikmati pemilik mobil pribadi. Bahkan ada beberapa SPBU yang masih menjual BBM premium terjadi antrian panjang karena ingin mendapatkan BBM murah.

Baca Juga :  XL Axiata Salurkan 350 Ribu Paket Internet Gratis Untuk Pelajar Lampung

Khusus di Bandarlampung saja yang ditetapkan Pertamina menjual BBM premium hanya lima SPBU. Bila perlu subsidi BBM dihapus untuk kendaraan pribadi.
Sebenarnya Hiswanamigas Pusat sudah lama meminta pemerintah hapus subsidi BBM khusus untuk kendaraan pribadi. Namun para politisi Senayan tidak setuju karena mereka punya kepentingan mendulang suara rakyat jelang pemilu, ujar mantan anggota Dewan dari PAN ini.

Doni mengakui, kalangan pengusaha SPBU mengeluh menjual BBM subsidi keuntungannya sangat kecil dan banyak masalah. Lebih baik rakyat pindah saja pada penggunaan Pertamax, Pertamina Dex dan Pertalite. Distribusinya dijamin lancar di banding premium karena ada pembatasan Pertamina. Premium subsidi biarkan saja untuk jatah Indonesia Timur, ujarnya.

Baca Juga :  XL Axiata Salurkan 350 Ribu Paket Internet Gratis Untuk Pelajar Lampung

Menurut Doni, selagi ada BBM subsidi selalu ada kasus penyelewengan BBM khususnya premium dan solar subsidi. Modus penyelewengannya berupa truk kencing dijalan, memodifikasi tangki BBM motor atau mobil, kerjasana dengan oknum operator BBM di SPBU atau modus pencurian BBM subsidi lainnya dengan oknum tertertu, katanya.

Doni mengaku capek dan stres dengan banyaknya masalah dalam distribusi BBM subsidi termasuk dalam hal transportasi ke konsumen. Saya pernah menangkap truk kencing BBM di sebuah pangkalan gelap, ujar Ketua Asosiasi Media Online ini. ilh/rls

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed