oleh

Koperasi Diharapkan Kuat sebagai Gerakan Ekonomi

LAMPUNG TENGAH- Bupati Lampung Tengah (Lamteng) H Loekman Djoyosoemarto berharap Koperasi di Lamteng semakin tumbuh kuat sebagai gerakan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan bersaing memberikan kontribusi positif dalam ekonomi global.
“Koperasi adalah pilar kekuatan ekonomi di era digital saat ini. Saya harap koperasi semakin tumbuh berkembang serta mampu menggerakkan semua bidang usaha, dan menyerap aspirasi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya,” ujar Loekman, dalam sambutannya, pada Peringatan Hari Koperasi ke-71 tahun 2018 di Lapangan Kota Gajah, Lampung Tengah, Senin (22/10).
Orang nomor satu di Bumi Beguai Jejamo Wawai ini juga berharap seluruh gerakan koperasi Indonesia memakai tema Hari Koperasi.” Untuk mewujudkan Koperasi yang kuat, tahun ini pemerintah akan berupaya merealisasikannya dengan program nyata dan rencana tindak lanjut yang lebih terukur,” katanya.

Baca Juga :  Tanam 700 Bibit Pohon, AWPI Tanggamus Peringati HMPI

Loekman menjelaskan, berdasarkan data yang ada di Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lampung Tengah, saat ini total Koperasi se-Lamteng ada sebanyak 488 unit, dengan jumlah koperasi yang aktif sebanyak 397 unit, yang melaksanakan RAT 115 atau sebesar 28,97 % dari total koperasi aktif. Untuk itu kami berharap kiranya Kepala OPD yang membidangi dan seluruh gerakan Koperasi untuk dapat mendorong koperasi melakukan rapat anggota tahunan (RAT) sehingga semua koperasi menjadi sehat.

Pemerintah juga, lanjutnya, terus berupaya agar Koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan memprioritaskan program-program pengembangan usaha koperasi dalam bidang produksi, pemasaran, peningkatan kualitas sumber daya manusia, tehnologi dan pengembangan permodalan koperasi.

Baca Juga :  Pjs. Bupati Pesibar Hadirii Rakor Satgas Covid-19 Se-Provinsi Lampung

Oleh karena itu, Koperasi harus memperkuat konsolidasi internal organisasinya dengan meningkatkan partisipasi seluruh anggotanya serta membangun jejaring antar koperasi dengan badan usaha lainnya terutama yang berkaitan dengan menciptakan produk
unggulan daerah, pemasaran baik untuk dipasar lokal, nasional maupun pasar global.

“Untuk mengakselerasi pemberdayaan Koperasi, maka komitmen dan koordinasi antara semua pihak baik pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Swasta terus ditingkatkan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Gotong Royong ini juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kepala Dinas Koperasi Lampung Tengah, dan seluruh pengurus Dekopinda beserta seluruh stakeholder, atas kerja keras dan kerjasamanya dalam pemberdayaan Koperasi di Lamteng, sehingga terselenggaranya acara Peringatan Hari Koperasi ke-71 tahun 2018.

Baca Juga :  Ratusan Jurnalis Lampung Gelar Aksi Damai di Pengadilan Negri Kota Metro

“Saya ucapkan selamat kepada yang menerima penghargaan Bakti Koperasi dan koperasi berprestasi tingkat nasional, maupun juara penampilan stand tingkat provinsi. Semoga hal ini dapat dijadikan motivasi bagi penggerak maupun insan koperasi khususnya di Kabupaten Lampung Tengah.” pungkasnya. (Rendra/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed