oleh

Polisi Bekuk Spesialis Curat Penadah Barang Curian Motor

KOTABUMI – Polisi bekuk tersangka pencurian dengan pemberatan dan penadah barang hasil kejahatan lintas Kabupaten spesialis kendaran bemotor. Mereka diringkus Tim Resmob Polres Lampung Utara di lokasi yang berbeda.

Kedua tersangka adalah Yoyon, (26), diduga pelaku pencuri yang juga warga Desa Tanjung Budi, Kasui, Kabupaten Way Kanan, bersama rekannya Sarbini (42), warga Dusun Simpang Kelapa, Desa Gistang, Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, dan juga merupakan oknum LSM di daerah itu.

Team Khusus Anti Bandit 308 Satreskrim Polres Lampura berkerjasama dengan jajaran Polres Way Kanan mengamankan keduanya pada Minggu (4/11/2018) dinihari sekitar pukul 02.00, di kediamannya masing-masing.

Tersangka Yoyon dan Sarbini diamankan Tekab 308 Satreskrim Polres Lampura bersama jajaran Polres Way Kanan. Bermula dari hasil pengembangan penangkapan atas tersangka Sahbirin alias Birin, yang sebelumnya telah dirungkus.

Baca Juga :  Tujuh Komplotan Pencuri Sarang Burung Walet di Mesuji Dibekuk

Menurut Kasat Rreskrim Polres Lampung Utara, AKP Donny Kristian Bara’langi, mewakili Kapolres AKBP Budiman Sulaksana, Senin (5/11) , mengatakan, pengungkapkan kasus ini berdasar pengakuan pelaku Sahbirin alias Birin, yang telah menjual satu unit sepeda motor jenis Honda Beat Sporty warna Magenta, milik korban Jihan Chika Azalia, kepada Yoyon dan Beni.

“Sindikat curat sepeda motor lintas kabupaten terungkap bermula dari penangkapan atas tersangka Sahbirin alias Birin yang menjual sepeda motor milik korban Jihan Chika Azalia,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan dari pengakuan tersangka Birin, kendaraan tersebut merupakan hasil tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh pelaku curat, atas nama Nusir (DPO), dan dijual kepada Beni dan Yoyon.

Baca Juga :  Waspada, Penipuan Pengangkatan CPNS Kembali Terjadi

Untuk tersangka pelaku Nusir , diketahui berhasil membawa kabur sepeda motor milik korban yang saat itu berada di halaman parkir SMA Wiyata Karya, depan SMAN 1 Kotabumi Kabupaten Lampura.

“Pelaku Nusir masih DPO. Secepatnya kita akan ringkus,” katanya.
Sementara keduanya diamankan berdasarkan adanya laporan pengaduan dengan nomor LP/B- 917/ VIII/ 2018/PLD LPG/ RES LU, tanggal 02 Agustus 2018.

“Berdasarkan keterangan Yoyon, dirinya juga pernah melakukan tindak pidana serupa di beberapa tempat dengan wilayah hukum Polres Way Kanan,” terang AKP Donny Kristian.

Dari hasil keterangan tersangka Yoyon, diketahui dirinya juga merupakan pelaku curat yang berhasil ‘memetik’ motor Revo dengan tempat kejadian perkara (TKP) disejumlah tempat wilayah hukum Polres Waykanan.

Baca Juga :  Proses Hukum Kasus Kekerasan Terhadap Wartawan di Polres LU Lamban

Diantaranya motor Jialing dengan TKP Curup, motor Supra Fit dengan TKP kebun karet Desa Tanjung Budi, motor Yamaha Mio denga TKP kebun Desa Rejang, dan motor Supra Fit dengan TKP Ojo Lali.

“Seluruh TKP berada di wilayah hukum Kabupaten Way Kanan. Terkait ungkap kasus TP Curat atau pendahan, pelaku berikut barang bukti hasil kejahatan telah diamankan di Mapolres Lampura. Kasus ini masih dikembangkan lebih lanjut,” kata Kasat. lpro.com

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed