oleh

PAN Terseret Aliran Uang Suap

BANDARLAMPUNG – Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mencurigai adanya aliran dana sejumlah proyek APBD Lampung Selatan digunakan untuk kegiatan partai politik. Untuk mengklarifikasinya, beberapa petinggi Partai Amanat Nasional (PAN) Lampung bakal diperiksa.

KPK, kata Laode, akan memperhatikan berbagai fakta yang ada termasuk yang diungkap di persidangan terkait kasus suap Bupati Lampung Selatan Zainuddin Hasan (ZH). Apalagi, disebutkan bahwa uang hasil suap ZH digunakan dalam beberapa kegiatan PAN di Lampung Selatan.

“ya, pasti akan dipanggil orang-orang yang dianggap bertanggungjawab jika diperlukan penyidik,” kata Laode Muhammad Syarif, di Jakarta (5/11).

Sejumlah dana hasil suap oleh Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan (ZH) dipakai untuk kegiatan PAN. Selain menjabat bupati, ZH adalah ketua DPW PAN Lampung yang ketua umum DPP PAN dijabat kakaknya sendiri, yakni Zulfikli Hasan yang kini menjabat juga ketua MPR RI.

Baca Juga :  Pantau, Empat Kecamatan Rawan Politik Uang

“Informasi yang terungkap dari pengadilan itu sedang kita telusuri dan kita lihat signifikansi dari kejadian-kejadian itu. Tetapi untuk sementara kita masih berlaku dan memperhatikan juga keterangan yang ada di pengadilan,” ungkap dia.

Bupati nonaktif Lampung Selatan Zainudin Hasan ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Zainudin Hasan diduga menerima Rp 57 miliar yang berasal dari proyek-proyek di Lampung Selatan selama tahun 2016-2018.

Uang yang dia terima dari tersangka Agus Bhakti Nugroho selaku anggota DPRD Lampung itu dipergunakan untuk membeli tanah, bangunan, dan kendaraan yang diatasnamakan keluarga, pihak lain, maupun perusahaan. (il/iwa)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed