oleh

Ridho: Prioritas Kita Tetap Infrastruktur , Ekonomi Lampung Diproyeksi Tumbuh 5,6 Persen

BANDARLAMPUNG – Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menegaskan pemerintahannya di tahun depan tetap memprioritaskan pembangunan dan pebaikan infrastruktur untuk mendukung kebijakan strategis daerah, seperti ketahanan pangan, industrialisasi dan pengembangan pariwisata yang tumbuh positif.

“Sudah banyak kemajuan yang kita capai. Laju pertumbuhan ekonomi yang tumbuh positif ini harus terus digerakkan. Prioritas kita tetap infrastruktur yang memberi dampak makin terbukanya akses daerah, sehingga terjadi pemerataan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat,” ujar Ridho usai menyerahkan
Draf Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2019 di DPRD Lampung, Senin (12/11).

Dalam paparannya pada sidang paripurna dewan, Ridho menjelaskan proyeksi pendapatan daerah tahun anggaran 2019 mencapai Rp7,562 triliun yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp3,156 triliun dan Dana Perimbangan Rp4,374 triliun, serta lain-lain pendapatan yang sah Rp32,078 miliar.

Baca Juga :  AJI-IJTI Gelar Diskusi Publik 21 Tahun UU Pers

Sementara belanja daerah diproyeksikan hampir setara pendapatan daerah yakni Rp7,432 triliun yang diperhitungkan untuk belanja tak langsung Rp4,457 triliun dan belanja langsung Rp2,975 triliun.

“Kita akan arahkan belanja daerah untuk menjalankan fungsi stabilisasi, alokasi, dan distribusi. Ini penting untuk mendorong kemajuan taraf hidup sosial ekonomi daerah,” ujar Ridho.

Dengan postur pendapatan dan belanja sebesar itu, Ridho optimis pertumbuhahan ekonomi Lampung tumbuh 5,4 persen hingga 5,6 persen dengan asumsi laju inflasi berada pada kisaran 3,5 persen hingga 4 persen. Dengan asumsi pertumbuhan ekonomi tersebut, gubernur berharap pendapatan per kapita masyarakat bisa mencapai Rp40,56 juta.

Ridho yakin, perkembangan ekonomi makro Lampung akan terus tumbuh positif seiring beroperasinya Jalan Tol Trans Sumatera, dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni.

Baca Juga :  Terus Naik, Positif Covid-19 Mencapai 826 Kasus

Ia juga meyakini Bandara Internasional Radin Inten II akan menjadi bandara internasional yang dipastikan memberi dampak besar pada industri pariwisata daerah.(iwa)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed